Martapura,  (Antaranews Kalsel) - Calon peserta seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil jalur umum di lingkungan Pemerintah Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, yang dinyatakan lulus seleksi administrasi sebanyak 3.669 orang.


"Pelamar yang lulus seleksi administrasi otomatis menjadi calon peserta seleksi CPNS dan tinggal menunggu pelaksanaan tes," ujar Kepala Badan Kepegawaian Daerah Banjar Gusti Abidinsyah di Martapura, Senin.

Menurut Abidinsyah didampingi Kepala Bidang Pengadaan, Seleksi dan Mutasi Kepegawaian, Bambang Suyanto, jumlah pelamar secara keseluruhan yang berasal dari berbagai perguruan tinggi sebanyak 4.658 orang.

Disebutkan, empat ribu lebih pelamar itu sudah terdaftar di portal Penselnas CPNS yang mendaftar secara online selama empat belas hari sejak 31 Agustus dan ditutup tanggal 13 September 2014.

"Hasil verifikasi panitia, pelamar yang menyerahkan berkas fisik dan lulus seleksi administrasi sebanyak 3.669 orang sehingga mereka dinyatakan sebagai calon peserta tes CPNS," ucapnya.

Ia mengatakan, jumlah pelamar yang terdaftar di portal Panselnas CPNS namun tidak lulus administrasi sebanyak 304 orang, sedangkan pelamar yang berkasnya belum diverifikasi sebanyak 685 orang.

Dijelaskan, pelamar yang tidak lulus seleksi administrasi, mayoritas pelamar jabatan Satuan Polisi Pamong Praja karena tidak memenuhi syarat nilai rata-rata ijazah 7.00 dan syarat tinggi badan.

"Syarat ijazah 7.00 dan tinggi badan merupakan syarat wajib bagi setiap pelamar. Bahkan, jika tinggi badan kurang setengah centimeter saja, pelamar bersangkutan dinyatakan tidak lulus," ujarnya.

Sementara, bagi 685 pelamar yang berkasnya belum diverifikasi karena tidak datang menyerahkan berkas fisik ke panitia sehingga kelengkapan administrasi tidak bisa diperiksa dan otomatis dinyatakan gugur.

"Jika sudah terdaftar di Panselnas CPNS, pelamar harus datang langsung menyerahkan berkas kepada panitia untuk diperiksa. Apabila lengkap maka dinyatakan lulus dan diberi nomor ujian," kata dia.

Dikatakan, pihaknya akan merekap seluruh berkas pelamar yang lulus seleksi administrasi dan berkoordinasi dengan Kantor Regional VIII BKN Banjarmasin sebagai penyelenggara ujian sistem Computer Asissted Test (CAT).

"Waktu pelaksanaan ujian sistem CAT masih kami koordinasikan dengan Kanreg VII BKN dan kemungkinan ujian dilaksanakan bulan Oktober 2014 di Kanreg BKN Jalan Bhayangkara Banjarbaru," katanya.

Sementara itu, formasi CPNS jalur umum yang disediakan Pemkab Banjar sebanyak 62 formasi terdiri dari 18 formasi tenaga pendidik atau guru, 9 formasi tenaga kesehatan dan 35 formasi tenaga teknis.

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014