Paringin,  (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan, membangun rumah pintar di areal taman Sanggam Paringin, sebagai salah satu sarana menunjang kegiatan belajar dan tumbuh kembang anak usia taman kanak-kanak dan sekolah dasar.


Bupati Balangan, Sefek Effendie di Paringin, Minggu, menilai kehadiran rumah pintar di Banua Sanggam ini diharapkan bisa dimanfaatkan sehingga bisa menambah pengetahuan dan meningkatkan daya kembang anak.

"Rumah pintar sengaja kita bangun di areal taman Sanggam Paringin, selain tempatnya strategis tentunya bisa mendorong daya tarik masyarakat sekitar untuk membawa anak-anaknya ke sarana bermain sekaligus edukatif ini," jelas Seffek saat meninjau langsung pembangunan rumah pintar bersama Ketua TP PKK Balangan, Mardiana Seffek Effendie dan Kadis Pekerjaan Umum setempat, Edy Harianto.

Pembangunan rumah pintar pun sengaja didesain agar menarik minat anak-anak untuk bermain dan belajar, ungkap Ketua TP PKK Balangan, Mardiana.

TP PKK Tabalong bersama Dinas Pendidikan berupaya mengelola rumah pintar ini agar bisa menjadi sarana pendidikan yang refresentatif bagi anak-anak di Balangan.

"Rencananya, rumah pintar ini akan dilengkapi berbagai fasilitas pendukung bagi pendidikan anak seperti buku, komputer dan perlengkapan bermain guna mendukung daya kembang anak usia taman kanak-kanak dan sekolah dasar," tambahnya.

Ia menyebutkan, pembangunan rumah pintar ini merupakan tindak lanjut dari arahan Ketua TP PKK Propinsi Kalsel yang mengharuskan setiap pemerintah kabupaten/kota bisa memiliki rumah pintar sebagai tempat representatif anak untuk belajar,

Kepala Dinas PU Balangan, Edy Harianto mengungkapkan, pembangunan rumah pintar itu sendiri dipercayakan kepada kontraktor putra daerah, yaitu CV Rahmah yang merupakan kontraktor asli Kabupaten Balangan.

"Pembangunan rumah pintar dilaksanakan oleh kontraktor lokal yang tentunya punya kualitas pekerjaan tidak kalah baik dengan kontraktor luar Balangan," Katanya.

Untuk penyelesaian pembangunan rumah pintar ini Pemkab Balangan mengalokasikan dana sekitar Rp975 juta dan saat ini sudah memasuki tahap akhir.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014