Banjarbaru, (Antaranews Kalsel) - Sembilan kursi yang disediakan Pemerintah Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, pada seleksi calon pegawai negeri sipil terancam hangus karena tidak ada pelamar.

"Memasuki hari ke sepuluh masa pendaftaran, Jumat, tidak ada pelamar yang mendaftar pada tiga formasi sehingga sembilan kursi terancam hangus," kata Kepala BKD dan Diklat Banjarbaru Firdaus Hazairin, Jumat.

Ia mengatakan formasi CPNS yang tidak ada pelamar adalah Guru Akomodasi Perhotelan Pertama dengan lima alokasi kursi yang disiapkan, dan Guru Usaha Perjalanan Wisata Pertama sebanyak dua kursi.

Kemudian, jabatan Teknik Tata Bangunan dan Perumahan kualifikasi pendidikan DIII Teknik Bangunan dan Perumahan dengan jumlah alokasi dua kursi, tidak ada satu pun pelamar pada formasi tersebut.

"Kami masih menunggu pelamar yang mendaftar pada tiga jabatan itu hingga pendaftaran ditutup, Minggu (14/9) sehingga kursi tidak hangus," ucap Firdaus didampingi Kepala Bidang Pengadaan dan Mutasi Asdi Suriadi.

Menurut dia, kualifikasi pendidikan S1 perhotelan memang belum banyak lulusannya, juga S1 pendidikan usaha perjalanan wisata/manajemen bisnis perjalanan pariwisata, sedangkan DIII Teknik Bangunan, tanpa pelamar.

Ia mengatakan, jika hingga masa pendaftaran ditutup, tiga jabatan yang menyediakan sembilan kursi tersebut tidak ada pelamar maka dipastikan hangus karena tidak bisa dialihkan pada jabatan lain.

"Jika jabatan tidak terisi, otomatis hangus karena Kementerian PAN-RB sudah menyatakan formasi jabatan yang tidak ada pelamarnya tidak bisa dialihkan ke formasi lain meski pun pelamarnya sedikit," ujarnya.

Dijelaskan, kebijakan menyiapkan formasi CPNS mengacu Analisa Jabatan dan Analisa Beban Kerja (ABK) sesuai kebutuhan riil organisasi pemerintah sehingga jabatan yang kosong tidak bisa dialihkan ke jabatan lain.

Dikatakan, pihaknya mengevaluasi dan meninjau kembali formasi jabatan yang kosong itu sehingga tahun depan tidak terjadi lagi formasi yang hangus akibat tidak adanya pelamar pada formasi CPNS yang disediakan.

"Seleksi CPNS ini tentu di evaluasi termasuk penyebab formasi jabatan yang kosong tanpa pelamar sehingga tahun depan penyediaan formasi disesuaikan kebutuhan organisasi dan ada lulusannya," kata dia.

Sementara itu, formasi CPNS jalur umum yang disediakan Pemerintah Kota Banjarbaru sebanyak 79 formasi terdiri dari 28 formasi tenaga pendidik, 21 formasi tenaga kesehatan dan 30 formasi tenaga teknis.

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014