Tim Kementerian Kesehatan melakukan kunjungan kerja  ke Kabupaten Hulu Sungai Utara Kalimantan Selatan untuk   percepatan penanggulangan pandemi  COVID-19 dan upaya penguatan kesehatan esensial lainnya.

Kedatangan rombongan Kemenkes yang didampingi tim Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel dan Poktekes Banjarbaru ini disambut Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) H Abdul Wahid HK dan jajaran di Mess Negara Dipa Amuntai.

Kasi Deteksi Penyakit Infeksi Emerging pada Ditjen P2P Kemenkes Chita septiawati mengharapkan Pemkab HSU terus memaksimalkan upaya penanggulangab COVID 19.

"Seperti menggerakan kader melalui PKK langsung mengingatkan masyarakat di desa, termasuk dukungan TNI Polri," ujar Chita di Amuntai, Kamis.
 
Bupati HSU H Abdul Wahid HK bersama Kasi Deteksi Penyakit Infeksi Emerging pada Ditjen P2P Kemenkes Chita septiawati di Mess Negara Dipa Amuntai, Kamis (01/10). (Antaranews Kalsel/ Diskominfo HSU/Eddy A)

Chita selaku ketua Tim Kemenkes berharap kegiatan yang bisa menakibatkan kerumunan warga harus terus diawasi guna memutus penyebaran COVID 19.

Kepada Tim Kemenkes, Bupati HSU H Abdul Wahid HK menyampaikan perkembangan kasus COVID-19 di daerahnya yakni sebanyaj 472 positid, perawatan tersisa 22 orang, sedang pasien ssmbuh 430 orang, pasien meninggal 20 orang, kasus suspek14 kasus, RDT 5517, reaktif 803, pelaksanaan tes Swab 1954 orang

"Rumah sakit daerah juga sudah memiliki alat tes swab sendiri dan mulai dioperasikan hari ini (01 Oktober), sehingga daerah kami sudah bisa melakukan tes Swab mandiri," terang Wahid.

Dikatakannya pula, UKM diberdayakan untuk memproduksi Alat Pelindung Diri seperti masker kain, alat pelindung wajah (face shield) kemudian dibagikan secara gratis kepada masyarakat.

Untuk tahap awal, kata Wahid, pembuatan face shield dibagikan gratis kepada para pedagang siap saji dan selanjutnya terus diproduksi untuk kalangan masyarakat lainnya.

"Kalau.untuk pembagian masker kain sudah tak terhitung ratusan ribu masker dibagikan ke masyarakat," katanya.
 
Bupati HSU H Abdul Wahid HK bersama rombongan Kemenkes dan Dinkes Kalsel. (Antaranews Kalsel/ Diskominfo HSU/Eddy A)

Wahid juga menyampaikan aprisiasi dan terima kasih atas peran TP PKK, TNI Polri dalam melakukan giat sosialisasi dan operasi penegakan protokol kesehatan (prokes) ke masyarakat.

Pemkab HSU menerbitkan Perbup nomor 37 untuk penerapan disiplin dan penegakan hukun prokes COVID 19 yang sudah memasuki tahap operasi atau razia masker.

Bupati bersyukur Pemerintah Pusat memberikan perhatian khusus dan memberikan dukungan kepada pemerintah daerah dalam percepatan penanggulangan COVID 19.

 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020