Perhatian dan dukungan pemerintah daerah Hulu Sungai Utara (HSU) Kalimantan Selatan terhadap peningkatan minat baca masyarakat sangat tinggi.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalimantan Selatan, Nurliani di Amuntai Rabu mengatakan, Kabupaten HSU beruntung karena Pemda setempat yang menaruh perhatian dan kepedulian tinggi meningkatkan minat baca.

"Saya rasa dari segi penganggaran, Kabupaten HSU adalah kabupaten yang  konsen dalam penganggaran terbesar diantara 13 kabupaten/kota lainnya di Kalimantan Selatan," ujar Nurliani di Amuntai, Rabu (30/9).

Nurliani juga menilai Kabupaten HSU sangat beruntung memiliki duta baca sejak 2017, sedangkan Dispersip Kalsel belum memiliki duta baca.

Terlebih kepedulian Ketua TP PKK yang juga sangat peduli terhadap upaya meningkatkan minat baca dan perpustakaan sehingga Ketua PKK HSU Hj Anisah Rasyidah Wahid dinobatkan sebagai Bunda Baca.

Hadir di Kota Amuntai menyerahkan Mobil Perpustakaan Keliling, Nurliani menyampaikan dirinya sering memantau kegiatan Bunda Baca HSU melalui pemberitaan di media cetak dan media online, dimana Ketua PKK kerap mendampingi kegiatan kepala dinas dan jajaran Dispersip HSU ke berbagai desa.
 
Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalsel Nurliani bersama Bupati HSU H Abdul Wahid, Bunda baca Hj Anisah Rasyidah, Kepala Dispersip HSU Lailatanur Raudah di Amuntai, Rabu (30/9). (Antaranews Kalsel/Diskominfo HSU/Eddy A)

"Saya juga pernah bersama beliau (Anisah Rasyidah) waktu berkunjung ke Desa Ambahai naik klotok sampai klotoknya mogok ditengah perjalanan untuk mempromosikan minat baca ke daerah terpencil," ungkapnya.

Nurliani mengaku sangat gembira karena Dispersip HSU mengaplikasi program yang diterapkan di pustakaan provinsi.

Bahkan beberapa hal ada di Perpustakaan HSU ternyata belum dimiliki Perpustakaan Kalsel.

"Kayaknya kita juga harus belajar ke HSU ," kata Nurliani.

Menurut Nurliani, Dispersip Kalsel tak perlu malu belajar ke daerah jika ternyata perpustakaan di daerah memiliki kelebihan dan keunggulan yang tak dimiliki provinsi.

Bupati HSU H Abdul Wahid HK ketika menerima rombongan Dispersip Kalsel mengatakan, Pemkab HSU tetap konsisten  meningkatkan minat baca masyarakat meski dengan anggaran terbatas.

"Meski prestasi di bidang perpustakaan belum seperti bidang kearsipan yang sudah meraih ANRI Award dan juara lomba arsip daerah tingkat nasional, namun pemerintah daerah tetap berupaya  meningkatkan minat baca masyarakat," tandasnya.

 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020