Kotabaru, (AntaranewsKalsel) - Jamaah calon haji Kabupaten Kotabaru, akan digabung dengan jamaah calon haji asal Kabupaten Tanah Bumbu, dan Barito Kuala, Kalimantan Selatan, dalam kelompok terbang (Kloter), sembilan.

"Jamaah calon haji asal Kotabaru rencananya diberangkatkan dari Embarkasi Syamsudinnor, pada Kamis (25/9) menuju Bandara Internasional King Abdul Aziz," kata Kepala Kantor Kemenag Kotabaru, H Ahmad Sawiti, di Kotabaru, Senin.

Dikatakan, dalam kloter sembilan tersebut, jamaah calon haji asal Kotabaru sebanyak 174 orang, Kabupaten Tanah Bumbu sebanyak 134 orang, dan Barito Kuala sebanyak 10 orang.

"Rombongan jamaah calon haji Kotabaru akan ditambah dua orang petugas, dari Tim Pembimbing Ibadah Haji Daerah (TPIHD), dan Tim Kesehatan Ibadah Haji Daerah (TKIHD)," ujarnya.

Selain Kotabaru, masing-masing daerah dari anggota kloter dan Kementerian Agama Provinsi juga akan mengirimkan petugas TPIHD dan TKIHD, dan petugas yang lainnya.

Sedangkan kedatangan kloter sembilan diperkirakan tiba dari ibadah haji pada 3 November 2014 sekitar pukul 17.30 Wita.

Sebelumnya, sebanyak 171 orang jamaah calon haji asal Kotabaru, menjalani pemeriksaan kesehatan dan tiga imunisasi, sebelum diberangkatkan untuk menunaikan ibadah haji.

Kepala Dinas Kesehatan Kotabaru, drg Cipta Waspada, mengemukakan, petugas kesehatan kini tengah melaksanakan anjuran Kementerian Kesehatan untuk memberikan tambahan imunisasi bagi 171 orang jamaah calon haji, yakni imunisasi Miningitis, Influenza dan Pneumoni.

"Mengantisipasi sekaligus mencegah turunnya daya tahan tubuh terutama saat menjalankan ibadah haji di mekah, maka ada anjuran dari kementerian Kesehatan untuk menambah imunisasi bagi semua calon jamaah calon haji asal Kotabaru," tandasnya.

Kebijakan tersebut menurutnya, sehubungan dengan mewabahnya virus mematikan Ebola di benua Afrika yang hingga kini menelan korban jiwa hingga seribu orang lebih, dan atas kejadian tersebut membuat pemerintah Arab Saudi membatalkan visa ribuan jamaah dari negara endemik Ebola khususnya dari benua Afrika.

Cipta menjelaskan, selama ini bagi seluruh jamaah calon haji asal Indonesia termasuk dari Kabupaten Kotabaru diwajibkan menjalani imunisasi meningitis. Namun gencarnya pemberitaan wabah virus Ebola yang sangat berbahaya, pemerintah khawatir akan berdampak bagi jamaah kita.

Pewarta: Imam Hanafi

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014