Martapura, (AntaranewsKalsel) - Bupati Banjar, Kalimantan Selatan, Khairul Saleh melepas 330 calon haji Kabupaten Banjar yang akan diberangkatkan ke Tanah Suci dalam tiga kali pemberangkatan.


Pelepasan jamaah calon haji yang terdiri dari 142 laki-laki dan 188 perempuan yang terbagi dalam tiga kelompok terbang (kloter) ditandai dengan pelaksanaan salat hajat di Mahligai Sultan Adam Martapura, Senin.

"Kami doakan seluruh calon haji diberikan kesehatan baik sebelum diberangkatkan, selama menjalani rangkaian ibadah haji hingga kembali ke Tanah Air," kata Bupati di depan seluruh calon haji.

Menurut Khairul Saleh yang menjabat Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kalsel itu, seluruh jemaah calon haji Kabupaten Banjar hendaknya menjaga nama baik diri, keluarga, daerah serta bangsa dan negara.

Ia juga meminta jamaah menjaga kekompakan selama berada di tanah suci dan saling tolong menolong baik dengan sesama jamaah dari daerah maupun provinsi lain di Indonesia maupun negara lain.

"Mungkin di antara jutaan calon haji ada mengalami kesulitan sehingga sebagai sesama muslim sudah menjadi kewajiban membantu umat Muslim lainnya agar tercipta persaudaraan dan kedamaian," pesannya.

Orang nomor satu di jajaran Pemkab Banjar itu juga mengingatkan, ibadah haji bukan semata-mata ibadah batin, tetapi juga ibadah fisik karena kesehatan badan sangat menentukan kelancaran ibadah.

"Diperlukan kesabaran tingkat tinggi dalam menghadapi setiap ujian yang diberikan Allah saat menjalankan rangkaian rukun Islam kelima sehingga setiap jemaah harus siap baik lahir maupun batin," ujarnya.

Ditekankan, apabila terlibat konflik selama di tanah suci, baik dengan jamaah sebangsa maupun jamaah negara lain, hendaknya diselesaikan secara damai disamping hindari menggibah maupun mengumpat.

Usai salat hajat, Bupati secara simbolis menyerahkan bantuan berupa beras sebagai bekal selama berada di Tanah Suci ditambah tali asih dari Pemkab Banjar yang diterima seluruh calon haji.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjar, Muslim mengatakan jumlah calon haji yang akan diberangkatkan pada 1435 Hijriah/2014 Masehi sebanyak 330 orang.

"Pemberangkatan jamaah dibagi tiga kloter yakni kloter penuh Kabupaten Banjar sebanyak 325 orang pada kloter tiga berangkat pada 21 September, sisanya berangkat 24 dan 28 September," katanya

Pewarta: yose rizal

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014