Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarmasin resmi menetapkan empat pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota yang menjadi peserta Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020, Rabu.

Keempat Paslon yang resmi jadi peserta Pilkada 2020 itu adalah H Ibnu Sina dan H Arifin Noor, H Haris Makkie dan Ilham Noor, Hj Ananda dan H Mushaffa Zakir Lc, terakhir H Khairul Saleh dan Habib Muhammad Ali Alhabsy.

"Para Paslon hari ini hadir dalam pengumuman penetapan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjarmasin untuk Pilkada 2020 di kantor KPU kota," ujar Ketua KPU Kota Banjarmasin Rahmiyati Wahdah di kantor KPU Kota Banjarmasin, Rabu.

KPU Banjarmasin, kata dia, secara resmi menyerahkan Surat Keputusan (SK) penetapan masing-masing pasangan calon, hingga mereka berhak mengikuti pengundian nomor peserta Pilkada tahun 2020.

"Pengundian nomor pasangan calon kita gelar besok (24/9)," ujar Rahmiyati Wahdah.

Dijelaskan dia, keempat pasangan calon sudah memenuhi persyaratan baik administrasi maupun kesehatan untuk maju pada Pilkada 2020 ini, sehingga SK penetapan mereka secara resmi diserahkan hari ini.

Untuk selanjutnya, selain pengundian nomor peserta Pilkada, para Paslon juga sudah bisa membuka rekening pengumpulan dana kampanye.

"SK penetapan ini menjadi dasar para Paslon buka rekening bank, sebab pada tanggal 25 September ini, mereka sudah menyerahkan laporan dana kampanye ke KPU," tutur Rahmiyati Wahdah.

Dua hari setelah itu atau tanggal 27 September, katanya, akan digelar kampanye damai dan sehat.

"Jadi semua kegiatan ini akan menerapkan protokol Kesehatan ketat," tegasnya.

Sebagaimana terdata Paslon yang resmi ditetapkan hari ini adalah H Ibnu Sina dan H Arifin Noor yang diusung Partai Demokrat, PKB dan PDIP juga didukung partai non parlemen PSI.

Selanjutnya pasangan Hj Ananda dan H Mushaffa Zakir Lc, pasangan ini diusung Partai Golkar, PAN dan PKS, serta didukung partai non parlemen, yakni, PKPI dan Perindo.

Kemudian pasangan H Haris Makkie dan Ilham Noor yang diusung Partai Gerindra, PPP dan PBB serta partai non parlemen Hanura.

Pasangan satu-satunya jalur perorangan H Khairul Saleh dan Habib Muhammad Ali Alhabsy hanya dihadiri bakal calon Wali Kota H Khairul Saleh.


 

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020