Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Kalimantan Selatan optimis tahun ini meraih predikat Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) berbekal sejumlah inovasi yang terus dikembangkan dalam pelayanan. 

"Saya apresiasi jajaran Ditlantas telah banyak berinovasi seperti aplikasi Ditlantas Mobile, Delivery Barang Bukti dan lainnya. Mudah-mudahan tahun ini bisa meraih WBBM," terang Kapolda Kalsel Irjen Pol Nico Afinta di Banjarmasin, Selasa.

Hal itu disampaikan Nico saat syukuran Hari Ulang Tahun (HUT) ke-65 Lalu Lintas Bhayangkara tahun 2020 di Aula Bhayangkari Mathilda Batlayeri Mapolda Kalsel.

Menurut dia, inovasi dalam pelayanan memang sudah menjadi keharusan bagi jajaran Ditlantas seiring tuntutan masyarakat yang juga terus berkembang.

Dia mencontohkan, program E-Tilang diciptakan ketika masyarakat mengeluhkan kerepotan harus menghadiri persidangan hingga praktik pungli.

Sehingga adanya bayar tilang secara online atau E-Tilang, dapat mencegah praktik pungli dalam pembayaran tilang karena berjalan lebih transparan dan cepat serta memudahkan masyarakat yang cukup transfer denda melalui ATM saja.

"Ini hanya satu contoh. Tentu masih banyak inovasi lainnya seperti pembuatan SIM online dan sebagainya. Jadi, inovasi dibikin berdasarkan keinginan masyarakat," tutur jenderal bintang dua itu.

Di usia ke-65 tahun, Nico berharap Polantas terus bekerja dan bekarya meraih prestasi agar semakin jaya.

"Yakinlah apabila kita dapat memenuhi keinginan masyarakat, maka Polantas semakin dicintai dan mendapat kepercayaan dari publik," tandasnya di dampingi Direktur Lalu Lintas Polda Kalsel Kombes Pol Andi Azis Nizar.
Kapolda Kalsel Irjen Pol Nico Afinta memotong tumpung di syukuran Hari Lalu Lintas Bhayangkara. (ANTARA/Firman)


Pada syukuran HUT Lalu Lintas Bhayangkara, Kapolda memberikan penghargaan kepada Kasat Lantas Polres Balangan AKP Didik Yudi atas prestasinya dalam pengungkapan tindak pidana peredaran narkoba.

Penghargaan juga diberikan kepada Aipda Ronald L Sidauruk Banit Seksi Laka Subdit Gakkum Ditlantas Polda Kalsel atas prestasinya juara III dalam melakukan pendataan kecelakaan lalu lintas online (IRSMS) tahun 2019 kategori Polda Tipe B yang diselenggarakan Korlantas Polri.

Menyikapi pandemi COVID-19, acara pun digelar sederhana dengan undangan terbatas hanya internal anggota di Polda Kalsel. Pada kesempatan itu, Kapolda Nico memotong tumpeng yang diserahkan kepada anggota Ditlantas tertua dan termuda.  

Pewarta: Firman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020