Pergeseran jabatan terjadi di Polda Kalimantan Selatan. Salah satunya AKBP Budi Hermanto yang menjadi Wakil Direktur Reserse Kriminal Khusus (Wadirreskrimsus) Polda Kalsel.

Pria yang akrab disapa Buher ini menggantikan AKBP Kus Subiyantoro yang berpindah tugas ke Mabes Polri. Sedangkan kursi Wakil Direktur Reserse Narkoba Polda Kalsel yang ditinggal Buher dibiarkan kosong sementara.

Perpindahan Buher tertuang dalam Surat Telegram Nomor 2710 tertanggal 18 September 2020 yang ditandatangani AS SDM Irjen Pol Sutrisno Yudi Hermawan atas nama Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis.

Kabid Humas Polda Kalsel Kombes Pol Mochamad Rifa'i membebarkan mutasi terbaru tersebut. Selain jabatan Wadirreskrimsus, kursi Kapolres Tanah Bumbu juga bergeser kepemimpinan.

AKBP Sugianto Marweki yang berpindah ke Mabes Polri digantikan AKBP Himawan Sutanto Saragih yang saat ini sebagai Kanit I Subdit V Dittipidter Bareskrim Polri. Kemudian Kasat Reskrim Polres Tanah Bumbu AKP Andi Muhammad Iqbal juga ikut digeser ke Mabes Polri.

Nama Buher tentunya paling mencuat berkat sederet prestasi cemerlangnya selama di Polda Kalsel. Tercatat dia telah berhasil mengungkap dua kasus besar penyelundupan narkotika dalam jumlah fantastis.

Sejak mengemban amanat sebagai Wadirresnarkoba Polda Kalsel pertengahan Februari 2020, mantan
Kapolres Batu dan Kapolres Blitar ini dua kali memimpin tim di lapangan menggagalkan penyelundupan sabu-sabu jaringan narkotika internasional.

Kasus pertama pada 13 Maret 2020 lalu dengan barang bukti 208 kilogram sabu-sabu dan 53.969 butir ekstasi. Tangkapan inipun menjadi rekor terbesar pengungkapan di luar Pulau Jawa sepanjang sejarah.

Selang lima bulan, Buher beraksi lagi. Kali ini memimpin tim gabungan Direktorat Reserse Narkoba Polda Kalsel dibackup Satuan Tugas Khusus Merah Putih Bareskrim Polri dan Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya berhasil menyita 3 kuintal sabu-sabu asal Malaysia pada 6 Agustus 2020.

Alhasil, sepanjang mengemban amanah selama 7 bulan sebagai Wakil Direktur Reserse Narkoba Polda Kalsel, Buher mencatatkan total pengungkapan setengah ton sabu-sabu yang masih terjaga rekornya sampai saat ini.

Pengungkapan 300 kilogram sabu-sabu inipun menjadi komitmen Kapolda Kalsel Irjen Pol Nico Afinta memberantas peredaran narkoba kelas kakap yang menggempur Bumi Lambung Mangkurat selama ini.  

Pewarta: Firman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020