Pemerintah Kabupaten Tapin siapkan lahan seluas tiga hektare untuk pembangunan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Desa Baringin, Kecamatan Candi Laras Selatan (CLS).

Dikatakan Bupati Tapin HM Arifin Arpan sesuai dengan permintaan Pemprov Kalsel agar Pemkab Tapin menyiapkan lahan untuk pembangunan SMK Kesehatan.

"Pemkab Tapin menyiapkan lahan, dan untuk pembangunan nanti dari Pemprov Kalsel," ujar Arifin Arpan saat melakukan peninjauan lokasi rencana pembangunan SMK tersebut, Senin (14/9).

Dijelaskan Bupati, rencana pembangunan SMK di Desa Baringin, Kecamatan CLS tersebut bertujuan untuk pemerataan pendidikan hingga ke desa-desa.

"Kalau ada sekolah kejuruan, sehingga anak-anak di daerah sekitar banyak pilihan dalam pendidikan tingkat atas," ujar Bupati lagi.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan, Hj Ahlul Jannah mengatakan, untuk pembangunan SMK di Kecamatan CLS tersebut, Pemprov menyiapkan dana sebesar Rp1,2 Miliyar yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Kemendikbud.

"Renacana akan di bangun 3 gedung ruang belajar, 1 ruang guru, dan 1 ruang toilet," ujarnya.

Dijelaskan Ahlul, bahwa untuk rencana pembangunannya sendiri direncana akan dilaksanakan pada tahun 2021.

"Ini masih dalam pembahasan DPRD, dan kita berharap tahun ajaran baru nanti sudah bisa difungsikan," pungkasnya.

Diketahui, saat ini Kabupaten Tapin memiliki 3 sekolah kejuruan, yakni SMKN Binuang di Kecamatan Binuang, SMKN Tapin Selatan, SMKN Rantau di Kecamatan Tapin Utara.

 

Pewarta: Muhammad Husien Asyari

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020