Dalam rangka mendukung terwujudnya Ketahanan Pangan Nasional, Bank Kalsel menggelar kegiatan gathering bersama para petani binaan. Kegiatan yang
dilaksanakan di Gedung Sistem Resi Gudang, Kecamatan Anjir Muara, Kabupaten Barito Kuala, mengambil tema “Peran Bank Kalsel mendukung Pemerintah Daerah dalam Pemberdayaan Petani dan Ketahanan Pangan Kalsel”.

Kegiatan ini merupakan bentuk sikap Bank Kalsel guna menindaklanjuti MoU deklarasi dukungan bersama dalam rangka mewujudkan permodalan dan penyediaan saprodi pengembangan tanaman pangan  Kalimantan Selatan.

Sebelumnya, Bank Kalsel telah menandatangani MoU , yang telah ditandatangan yang disaksikan oleh Menteri Pertanian Republik Indonesia, Syahrul Yasin Limbo, dan Gubernur Kalimantan Selatan, H. Sahbirin Noor.

Acara gathering ini ditujukan untuk memberikan pencerahan kepada para pihak terkait mengenai peluang pendanaan yang bisa didapat guna mendukung Ketahanan Pangan Nasional, serta menjadi momen untuk berbagi ilmu dan pengalaman bersama narasumber yang telah berkecimpung di dunia pertanian. 

Selain itu, acara ini merupakan wujud komitmen Bank Kalsel sebagai upaya mendukung pemerintah daerah dalam pemberdayaan petani dan mendukung
ketahanan pangan di wilayah Kalimantan Selatan, selama pandemi maupun pascapandemi dengan tetap memperhatikan protokol Kesehatan dan menerapkan social disctancing untuk mencegah penyebaran virus COVID-19.

Dalam acara ini, turut dihadiri Bupati Kabupaten Barito Kuala, yang dalam hal ini diwakili oleh Drs. H. Ahmad Mawarni, M.Pd., selaku Asisten Bidang Kemasyarakatan Pemerintah Kabupaten Barito Kuala, perwakilan Badan Usaha Milik Desa Bersama (BUMDESMA); Gabungan Kelompok Tani (GAPOKTAN); Balai Penyuluh Pertanian (BPP); Pemimpin Daerah dan Tokoh Masyarakat setempat; serta Kepala SKPD terkait.

Pada sambutannya, H. Ahmad Mawarni menyampaikan apresiasi dan ungkapan terimakasih  kepada Bank Kalsel atas segala upaya dan kontribusinya dalam mendukung kemajuan daerah, khususnya di Kabupaten Barito Kuala. 

Kedepannya, diharapkan kerjasama ini dapat selalu berjalan secara harmonis, baik dalam bentuk kerjasama binis maupun mendukung pengembangan perekonomian daerah.

"Atas nama masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Barito Kuala mengucapkan terimakasihyang setinggi – tingginya kepada seluruh jajaran Bank Kalsel atas dedikasi dan hubungan kerjasama yang telah berjalan dengan sangat baik selama ini," katanya.

 

Pewarta: Latif Thohir

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020