Bupati Tanah Laut, Kalimantan Selatan HM Sukamta menginginkan adanya orientasi bisnis dalam pengembangan bibit maupun benih, khususnya bibit bawang merah,  sehingga terjadi perputaran ekonomi di Bumi Tuntung Pandang. 

"Saya berharap petani-petani kita  membeli bibit dari Tanah Laut saja. Yang membuat bibit dari Tanah Laut dan yang membeli bibit dari Tanah Laut.  Sama halnya seperti bibit jagung suka produksi Tanh Laut," harap Sukamta saat digelarnya kegiatan panen bawang merah di Dusun Jayau Desa Ambungan Kecamatan Pelaihari, Rabu (9/9).

Bupati juga menyampaikan kekagumannya atas hasil tanaman bawang merah yang terlihat besar dan berisi. 

Hal itu, sebut dia, menunjukkan para petani sudah semakin memahami terkait pengelolaan serta karakteristik tanah yang akan ditanami bawang merah, sehingga hasil yang didapat bisa maksimal.

Sukamta berkomitmen untuk terus mendampingi dan memberi semangat kepada para petani terlebih sektor pertanian saat ini mampu survive di tengah pandemi COVID-19. 

Dia juga mempersilahkan para petani untuk memanfaatkan program bunga nol persen dan Gapura Karomah sebagai akses permodalan.

Sementara, Plt Kepala Dinas Pertanian, Hortikultura dan Perkebunan Tanah Laut Ahmad Hairin menyampaikan, sejak empat tahun terakhir Dinas Pertanian, Hortikultura dan Perkebunan Tanah Laut  tengah fokus mengembangkan tanaman bawang merah dalam rangka mencukupi kebutuhan bawang merah di daerah tersebut.

"Sudah beberapa tahun diujicobakan dan hasilnya pun cukup menggembirakan," ujar Hairin.

Lebih lanjut fia melaporkan, ada delapan hektare tanah komoditas hortikultura untuk tanaman bawang merah ditahun 2020 dan 811 hektare untuk komoditas lainnya, seperti cabai, sayur-sayuran dan buah-buahan.

"Penangkaran bawang merah tahun 2020 ini bertempat di dua lokasi, yakni di Dusun Jayau Desa Ambungan dan di Desa Durian Bungkuk. Masing-masing luasnya sekitar satu hektare," jelasnya.

Turut hadir di acara itu,  Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Selatan Syamsir Rahman dan Ketua Tim Penggerak PKK Tanah Laut  Hj Nurul Hikmah Sukamta.
 

Pewarta: Arianto

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020