Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Rachmat Hendrawan mengingatkan masyarakat meningkatkan kewaspadaan terhadap penularan COVID-19, terutama menjaga keluarga dari penyebaran virus corona jenis baru itu.

"Aktivitas warga saat ini menyebabkan bisa terjadi klaster keluarga menjadi masif sehingga setiap keluarga agar bisa berhati-hati dan selalu waspada," ucapnya di Banjarmasin, Senin.

Dia mengharapkan orang tua memberikan perhatian kepada anak-anak saat bersama lainnya bermain di kompleks perumahan, terutama terkait dengan penerapan protokol kesehatan.

Anak-anak, katanya, bisa saja berperan sebagai pembawa virus, karena pemahaman mereka terkait dengan protokol kesehatan tidak sekuat orang dewasa.

Selain itu, kata dia, berbagai kegiatan yang dilakukan keluarga di luar rumah, seperti piknik dan liburan serta jalan-jalan di tempat publik yang ramai, juga bisa berpotensi tertular COVID-19.

"Untuk itu mari bersama-sama agar klaster keluarga yang sudah ada di beberapa daerah ini tidak semakin masif dan harus cepat dilakukan pencegahan," katanya.

Pencegahan COVID-19 itu, di antaranya dengan mematuhi protokol kesehatan di mana pun dan kapan pun, serta memperhatikan protokol kesehatan di lingkungan rumah.

Ia juga mengemukakan pentingnya keluarga tidak menerima kunjungan orang lain sementara waktu, mengurangi kegiatan sosial, dan sebisa mungkin tetap di rumah, kecuali untuk bekerja.

"Kami berharap semua masyarakat bisa mengerti situasi saat ini, sayangi keluargamu dengan mematuhi protokol kesehatan, protokol VDJ yaitu ventilasi, durasi, dan jarak, kemudian usahakan beraktivitas di luar rumah untuk hal yang esensial saja," ujar alumnus Akpol 95 itu.

Kombes Pol Rachmat juga mengingatkan kepala keluarga mendisiplinkan anak-anak untuk membiasakan menerapkan protokol kesehatan agar tidak menjadi pembawa transmisi virus ke rumah dan keluarga.
 

Pewarta: Gugun

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020