Tiga pasangan bakal calon (Balon) Bupati dan Wakil Bupati, siap meramaikan pemilihan umum kepala daerah atau pilkada di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tanah Bumbu Mahruri, di Batulicin, Senin mengatakan, tiga bakal calon Bupati dan Wakil Bupati tersebut diantaranya H. M Zairullah Azhar berpasangan dengan H. M Rusli diusung Partai Kebangkitan Bangsan (PKB), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Nasional Demokrat (Nasdem).

"Pasangan balon bupati dan wakil bupati atas nama Mila Karmila berpasangan dengan Zainal Arifin merupakan pasangan independen yang mendaftarkan diri ke KPU pada 4 September 2020," kata Mahruri.

Sedangkan Syafrudin H. Maming berpasangan dengan M. Alpiya Rakhman merupakan kandidat yang diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Persatuan Pembangunan dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra).

Dikatakan Mahruri, sebelumnya ada empat pasangan bakal calon yang mendaftarkan diri ke KPU yakni dua pasangan balon dari jalur parpol dan dua pasang dari jalur independen, namun pada tahap verifikasi faktual ada satu pasangan balon dari jalur independen berkas yang diajukan tidak memenuhi syarat.

Sedangkan pihak KPU sendiri sudah memberikan kesempatan kepada yang bersangakutan untuk melakukan perbaikan berkas, namun hingga saat ini tidak ada tindak lanjut dari balon yang bersangkutan sampai batas waktu yang ditentukan oleh KPU.

Tahapan proses pilkada 2020 yakni dimulai dari pendaftaran paslon pada 4-6 September, kemudian verifikasi dan pengumumam dokumen paslon pada 4-8 September, bersamaan itu menerima tanggapan dan masukan masyarakat.

Pada 11 September pemeriksaan kesehatan bagi semua paslon, yang hasilnya akan disampaikan pada 12 September. Pada 13-14 September pemberitahuan verifikasi, lalu pengumuman dokumen perbaikan syarat, bagi calon jika memang ada yang perlu dlengkapi, pada 14 -16 september.

"Kemudian penetapan pasangan calon pada 23 September, 24 pengundian dan pengumuman nomor urut paslon," pungakas Mahruri.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020