Ketua Tim Evaluator Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB) Aan Syaiful Ambiya, memuji pencapaian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS yang sangat baik pada Penilaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) sebelumnya.

Ia mengatakan, tahun lalu, Pemkab HSS sudah mendapatkan predikat yang sudah tinggi, dengan predikat BB dengan angka 76, 23, menurutnya Pemkab HSS merupakan pemerintahan yang akuntabel menurut versi KemenPAN dan RB karena indeks kinerjanya sudah B ke atas.

"Alhamdulillah Pemkab HSS juga memenuhi kategori untuk mendapatkan dana insentif daerah," katanya, dalam evaluasi SAKIP secara virtual melalui video conference, Kamis (3/9) lalu.

Baca juga: Pemeriksaan penangangan COVID-19 BPK, Pemkab HSS nyatakan kesiapan

Dijelaskan dia, mengapresiasi progres yang disampaikan Kepala Bappelitbangda HSS, M Arliyan Syahrial, terlebih dalam penyusunan cascading kinerja, Pembayaran Tunjangan Perbaikan Penghasilan (TPP) yang sudah berbasis kinerja.

Selain itu, pihaknya juga ingin mengetahui lebih rinci mengenai praktik-praktik implementasi SAKIP terbaik di setiap instansi Pemkab HSS, seperti Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) yang sudah yang telah mengintegrasikan antara perencanaan dan penganggaran.

Sebelumnya, Kepala Bappelitbangda HSS M Arliyan Syahrial, menyampaikan sejauh mana perkembangan penerapan SAKIP di Kabupaten HSS kepada Tim Evaluator KemenPAN dan RB, yang diketuai oleh Aan Syaiful Ambiya SE bersama Dwi Slamet Riyadi.

Baca juga: Bupati : Pemkab HSS berusaha maksimal tindak lanjuti evaluasi SAKIP

Ia memaparkan dalam 4 komponen, mulai dari tindak lanjut, progres perbaikan, dan perubahan strategi atas pelaksanaan program kegiatan akibat pandemi COVIDI-19.

Serta, cascading kinerja untuk crosscutting program kegiatan baik yang ada di pohon kinerja Pemkab HSS, maupun yang ada di Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020