Bupati Tanah Laut, Kalimantan Selatan H Sukamta melepas keberangkatan kapal perdana sebagai dimulainya pengoperasian Pelabuhan Swarangan, di Kecamatan Jorong,  Minggu (30/8).

Pada acara itu, Sukamta mengungkapkan rasa syukurnya lantaran pembangunan pelabuhan yang dimulai sejak tahun 2008 itu,  saat ini sudah bisa dioperasikan.

Meskipun dalam perjalanan pembangunan Pelabuhan Swarangan tersebut sempat tersendat, bahkan sempat berhenti dalam kurun waktu yang cukup lama, sebut dia, namun berkat kerja keras semua pihak akhirnya pembangunan Pelabuhan Swarangan bisa selesai diakhir tahun 2019.

"Masa pemeliharaannya enam bulan, sehingga berakhir pada Juni 2020 tadi," terang Kamta.

Menurut Sukamta, dengan adanya pelabuhan di suatu daerah,  maka daerah tersebut akan maju, sebab disanalah terjadi arus barang dan jasa. 
Oleh karenanya,d ia berharap,  pelabuhan yang telah dibangun segera memberikan manfaat kepada rakyat Tanah Laut sekaligus membuka peluang investasi. 

Sebab Sukamta beranggapan,  pelabuhan adalah infrastruktur yang sangat diperlukan oleh para investor.

"Pengapalan perdana ini adalah bentuk keseriusan dan kesungguhan Pemkab Tanah Laut untuk memfungsikan pelabuhan, sehingga investor tidak perlu ragu-ragu menyangkut masalah ketersediaan infrastruktur terutama untuk arus barang dan jasa," ujarnya.

Tak lupa, dia mengucapkan terimakasih kepada semua pihak, salah satunya kepada PT Delta Prima Steel yang telah berkenan untuk melakukan pengapalan kargo pertama kali di Pelabuhan Swarangan.

"Mari terus kita dorong pengembangan pelabuhan ini menjadi pelabuhan yang besar dan memberikan kemajuan bagi Kabupaten TanahLaut," tutupnya.

Turut hadir di acara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Laut Dahnial Kifli, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Tanah Laut, Ketua DPRD Tanah Laut Muslimin, Camat Jorong Alfan Rosidi Anwar, Kepala Dinas Perhubungan Tanah Laut Gentri, Kepala UPP Kintap yang baru Beny Berqia Pandelaki.
 
Bupati Tanah Laut H Sukamta melepas keberangkatan kapal perdana sebagai dimulainya pengoperasian Pelabuhan Swarangan, di Kecamatan Jorong,  Minggu (30/8).Foto:Antaranews Kalsel/Humas Tanah Laut.

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020