Banjarbaru, (Antaranews Kalsel) - Sejumlah anggota Kepolisian Resor (Polres) Banjarbaru, Kalimantan Selatan, mengawasi objek wisata mengantisipasi kerawanan dan tindak kriminalitas di area publik itu.


Kepala Bagian Operasi Polres Banjarbaru, AKP Yakub di Banjarbaru, Kamis mengatakan, penempatan anggota Polri di objek wisata dilakukan secara terbuka maupun tertutup.

"Ada anggota berseragam lengkap maupun berpakaian biasa sehingga bisa langsung memantau situasi dan kondisi sekaligus mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan," ujarnya.

Ia mengatakan, objek wisata yang diawasi diantaranya Taman Idaman, pusat kuliner "Minggu Raya", Kolam Renang Idaman, kawasan Hutan Pinus dan Danau Seran.

Dijelaskan, seluruh objek wisata yang letaknya di pusat kota itu, cukup ramai didatangi pengunjung sehingga personel Polri diturunkan untuk mengantisipasi setiap kerawanan.

"Setiap kerawanan diwaspadai baik kriminalitas maupun gangguan lainnya sehingga selain penempatan personel di lokasi objek wisata, juga dilakukan patroli di sekitarnya," ujar dia.

Menurut dia, keramaian pengunjung pada objek wisata itu mulai terasa sejak H+2 Idul Fitri atau Selasa (29/7) sehingga personel Polri disiagakan di area publik tersebut.

Dikatakan, penempatan personel berlangsung hingga tanggal 6 Agustus 2014 seiring Operasi Kepolisian Terpusat "Ketupat Intan 2014" yang dilaksanakan kepolisian setempat.

"Sejauh ini, situasi kamtibmas aman dan terkendali, tidak ada kasus menonjol baik kasus kriminalitas, kecelakaan lalu lintas maupun kasus lain yang berdampak luas," ujarnya.

Ditambahkan, pihaknya sangat mengharapkan dukungan masyarakat dalam menjalankan operasi kepolisian itu sehingga tercipta situasi kamtibmas yang aman dan kondusif.

"Harapan kami, masyarakat turut aktif dalam menjaga lingkungan sekitarnya sehingga terhindar dari kerawanan seperti pencurian dan kriminalitas lain yang menyebabkan kerugian," katanya./e

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014