Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan mendukung program gebrak masker yang dilaunching oleh Ketua TP PKK Kalsel Hj Raudatul Jannah pada 17 Agustus 2020 lalu.

“Sesuai arahan Gubernur Kalsel Paman Birin, BPBD Provinsi Kalsel  turut mendukung kegiatan Gebrak Masker melalui pengadaan masker untuk masyarakat,  ini salah satu upaya memutus mata rantai penularan Covid melalui penggunaan masker,” kata Roy Rizali Anwar, Wakil Ketua Harian Gugus Tugas Covid 19 sekaligus Plt Kepala BPBD Kalsel, Sabtu (22/8).

Dalam program Gebrak Masker dibagikan kepada masyarakat lebih dari 1 juta masker. 

Masker berasal dari sumbangan Pemprov melalui PKK Provinsi Kalsel sebanyak 1 juta lembar, 51.620 lembar dari PKK Kabupaten/kota se Kalsel dan 100 lembar dari PKK Pusat.

Dengan program gebrak masker ini juga dapat memberdayakan perekonomian masyarakat khususnya para pengrajin sasirangan dan penjahit lokal. 

“Karena penyediaan masker melibatkan UMKM sasirangan yang ada di berbagai daerah Kalsel sehingga ini dapat menjadi stimulus ekonomi bagi para penjahit lokal di saat wabah Covid ,” kata Roy.

Nana Adelia salah satu UMKM di Banjarmasin merasa sangat terbantu dengan adanya pesanan pembuatan masker. “Saya dapat pesanan 120 ribu masker, lumayan untuk menambah penghasilan di tengah sepinya usaha rias pengantin saya,” kata Nana.

Begitu juga dengan Tiwi yang memiliki usaha menjahit bernama Pernik Ditha di Loktabat Banjarbaru. “kami sangat terbantu, dengan pesanan masker, Karena di tengah pandemi ini usaha kami sepi orderan, ini sangat membantu membantu jalannya usaha kami,” kata Tiwi yang merintis usaha rumahan sejak 2012.

Ketua PKK Kalsel Hj Raudatul Jannah berharap, dengan adanya gebrak masker ini masyarakat dapat lebih sadar dan memperhatikan pentingnya memakai masker di tengah pandemi Covid-19.

“Semoga gerakan masker ini dapat memberikan kepekaan masyarakat agar dapat menangkal atau mencegah virus masuk dengan terus menggunakan masker dan menerapkan protokol kesehatan,” terangnya.

Gebrak Masker diinisiasi PKK Pusat bekerjasama Kemendagri melalui Dirjen Pemerintahan Desa. Pelaksanaan Gebrak Masker dilakukan oleh PKK Provinsi seluruh Indonesia.

Pewarta: Latif Thohir

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020