PT Pamapersada Nusantara menyerahkan bantuan jirigen atau wadah air nira bagi puluhan UMKM gula aren di Desa Bihara Hilir, Kecamatan Awayan, Kabupaten Balangan Rabu (19/8).

Produsen gula aren yang tergabung dalam UMKM Mitra Lembaga Pengembangan Bisnis Pama Banua Lima bersama PT Pama Distrik.Adro mendapatkan wadah air nira kapasitas 25 liter.

 Manager CSR PT Pamapersada Nusantara, Ono Karno mengatakan ada 16 UMKM gula aren yang mendapat bantuan jirigen dari program tanggungjawab sosial perusahaan.

"Kita menyiapkan 96 wadah gula aren bagi produsen atau UMKM gula aren di Desa Bihara Hilir," jelas Ono.

Tahun ini PT Pama menyiapkan 200 jirigen bagi pelaku UMKM di sekitar operasional perusahaan.

Wadah Air Nira (Jerigen) diharapkan membantu pelaku UMKM gula aren yang tidak memiliki wadah penampung air nira sesuai standar SNI untuk makanan.

Ono menambahkan bantuan ini merupakan komitmen LPB Pama Banua Lima dan PT Pamapersada Nusantara dalam pembinaan dan pendampingan UMKM gula aren Mitra LPB Pama Banua Lima di Desa Bihara Hilir.

Program ini sejalan dengan rencana LPB Pama Banua Lima ke depan yang akan bersinergi dengan pelaku UMKM gula aren Desa Bihara Hilir agar mendapatkan sertifikat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).
 
Foto Antaranews.Kalsel/ist (Istimewa)
Sehingga produk Gula Aren semakin memiliki nilai jual dan bisa merambah pasar di luar Kalimantan.

 "Bantuan ini bisa menggantikan wadah air nira yang lama dan sudah kotor sehingga hasil dari gula aren nanti kualitasnya lebih bagus dan lebih banyak," ungkap Ono.

 Termasuk harapan pelaku UMKM agar gula aren Desa Bihara Hilir bisa dipasarkan lebih luas lagi dapat terwujud.

Terpisah Sekretaris Desa Bihara Hilir Ahmad Mushaddiq mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada LPB Pama Banua Lima dan PT Pamapersada Nusantara yang telah terus menerus membina dan mendampingi UMKM di Desa Bihara Hilir.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020