Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Pemudik yang menggunakan angkutan laut dari Banjarmasin tujuan Jawa Timur dan dan Jawa Tengah mulai memadati pelabuhan Trisakti Banjarmasin, Kalimantan Selatan, walaupun kenaikan jumlah penumpang tersebut masih belum mencolok.


Manager Terminal Multipurpose Pelabuhan Trisakti Banjarmasin Gusti Chaerudin di Banjarmasin, Selasa, mengatakan, saat ini jumlah penumpang kapal yang berangkat dari Trisakti Banjarmasin mencapai sekitar 300 orang, naik dibanding hari biasa yang hanya berkisar 100 orang.

"Belum terjadi kenaikan jumlah penumpang yang signifikan, sehingga di pelabuhan masih relatif aman dan lancar," katanya.

Dia meramalkan lonjakan penumpang baru akan mulai terjadi pada H-7 Lebaran Idul Fitri 2014, karena pada saat itu, beberapa karyawan sudah mulai libur, sehingga bisa mudik ke daerah asal bersama sanak dan keluarga mereka.

Hanya saja, tambah dia, diprediksi jumlah penumpang kapal laut tahun ini, tidak akan sebanyak tahun-tahun sebelumnya, karena beberapa daerah seperti di Tanah Bumbu, kini juga sudah melaksanakan pelayaran langsung ke Surabaya.

Oleh karena itu para pemudik asal Kabupaten Kotabaru dan Tanah Bumbu tidak perlu lagi ke Banjarmasin, tetapi bisa langsung berangkat dari daerah mereka.

Di beberapa daerah di Kalimantan Tengah, yang sebelumnya sebagian besar warga yang akan mudik ke Jawa melewati Trisakti, mereka kini juga bisa melakukan pelayaran langsung dari daerah mereka masing-masing.

Selain itu, tambah dia, banyaknya armada pesawat udara dari Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, ke beberapa daerah, juga menjadi salah satu penyebab berkurangnya jumlah penumpang pelabuhan laut.

Chaerudin mengungkapkan, mulai H-7 Lebaran, dalam satu hari akan terdapat tiga kapal yang berangka dari Banjarmasin tujuan Surabaya.

Pada saat itu, tambah dia, aktivitas pelabuhan akan meningkat, karena jumlah penumpang diprediksi juga akan bertambah banyak.

"Anggaplah masing-masing kapal mengangkut 700 orang penumpang, maka aktivitas di terminal penummpang pelabuhan akan sangat padat," katanya.

Dengan demikian, kata dia, pihaknya akan meningkatkan pelayanan dengan menambah fasilitas terminal, antara lain penambahan kursi, dan tenda untuk para pemudik yang masih menunggu untuk berlayar.

  "Kita juga merencanakan untuk sahur bersama dengan pemudik," katanya.   

Pewarta: Ulul Maskuriah

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014