Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry beserta jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS dan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) mengikuti secara virtual peringatan hari jadi ke-70 Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), di Pendopo Kabupaten HSS.

Ia mengatakan, sebelum mengikuti peringatan hari jadi, secara simbolis menyerahkan paket alat test swab kepada Kepala Dinas Kesehatan Hj Siti Zaenab, di mana Kabupaten HSS turut melaksanakan 721 tes swab massif dari total 10 ribu tes swab massal yang dilaunching se Kalsel.

 "Alat tes selanjutnya akan digunakan untuk melaksanakan swab test massif di Kabupaten HSS, sebagai bagian dari 10 ribu Test Swab secara massif yang digelar Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalsel dalam rangka menyambut Hari Jadi Prov Kalsel," katanya, Jum'at (14/8).

Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor, mengatakan masyarakat tidak perlu takut untuk melaksanakan tes Swab, tujuannya adalah untuk menyelamatkan rakyat dari dampak COVID-19.

Penyerahan simbolis alat tes swab massif di HSS (Fathurrahman/Protokol Kehumasan Setda HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Kesembuhan COVID-19 HSS capai 233 orang, positif dirawat tinggal 33

Dijelaskan dia, peran aktif masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan seperti menggunakan masker, cuci tangan pakai sabun, jaga jarak dan menghindari kerumunan.

Lalu mampu beradaptasi dengan baik dalam situasi kehidupan masa pandemi ini, merupakan kunci utama melalui cobaan ini dan pihaknya optimis akan tetap eksis melanjutkan pembangunan di Provinsi Kalsel.

Selain menutup sambutannya dengan beberapa pantun, gubernur yang akrab Paman Birin ini juga menyempatkan menyapa seluruh pemerintah kabupaten dan Kota se Kalsel yang mengikuti peringatan hari jadi ke-70 Provinsi Kalsel.

Launching 10 ribu tes swab massif di Kalsel resmi dilaunching Paman Birin, yang ditandai dengan penekanan tombol sirene bersama Wakil Gubernur H Rudy Renawan dan Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel Abdul Harris Makkie.

Penghargaan Pokja Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (AMPL)/
Sanitasi Responsif Tahun 2019.  (Fathurrahman/Protokol Kehumasan Setda HSS/Antarakalsel)

Baca juga: BOS di HSS diminta dianggarkan untuk pulsa anak-anak kurang mampu

Dalam peringatan ini, Pemprov Kalsel juga mengumumkan Penerima Anugerah Sanitasi dan Air Minum Tuntas Waja Sampai Kaputing (Satu Wasaka Award TA 2019).

Dari penilaian terhadap 13 belas kabupaten dan kota, Kota Banjarbaru, Kabupaten Banjar dan Kabupaten Tanah Bumbu menerima penghargaan Satu Wasaka Award.

Untuk Kabupaten HSS menjadi salah satu dari dua kabupaten di Kalsel, yang menerima Penghargaan Kelompok Kerja Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (Pokja AMPL) atau Sanitasi Responsif Tahun 2019. 

Launching 10 ribu tes swab massif di Kalsel (Fathurrahman/Protokol Kehumasan Setda HSS/Antarakalsel)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020