Tim Gugus Tugas melalui Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Hulu Sungai Tengah (HST), Salahuddin menyampaikan bahwa dari 11 kecamatan di Kabupaten HST, hanya Kecamatan Limpasu yang nol kasus terkonfirmasi positif COVID-19.

hal itu disampaikannya saat sosialisasi pengawasan partisipatif Pilkada di salah satu hotel yang ada di kota Barabai, Kamis (13/8).

Sedangkan yang terbanyak adalah Kecamatan Barabai. Sesuai data penyebaran tertanggal 12 Agustus 2020 adalah sebanyak 119 orang.

Pihaknya juga secara bertahap telah melakukan tea swab massal kepada warga HST dan ASN yang pernah kontak langsung dengan orang yang dinyatakan positif. Yakni sebanyak 661 orang.

"Dari sebanyak itu, kami berharap tidak ada penambahan kasus positif namun diprediksi setelah hasilnya keluar nanti kemungkinan ada seratusan penambahan," katanya.

Ia juga menyebutkan bahwa awal kasus COVID-19 muncul di Kabupaten HST adalah pada Bulan April yakni sebanyak 3 kasus. Selanjutnya pada bulan Mei penambahan 10 kasus, Juni 21 kasus, Juli sebanyak 149
 kasus dan pada bulan Agustus sampai pada hari ini yaitu sebanyak 36 kasus.

Menurutnnya lagi, yang terbanyak  terkonfirmasi positif adalah dari usia 14 sampai 50 tahun dengan persentasi sama antara laki-laki dan perempuan yaitu 50:50.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020