Persatuan catur seluruh Indonesia (Percasi) Kabupaten Hulu Sungai Utara Provinsi Kalimantan Selatan menyelenggarakan kejuaraan catur online memeriahkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke 75.

Pelaksanaan lomba secara online membuat peserta dari luar Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) tertarik mengikutinya termasuk dari luar negeri.

"Ada pemain dari Negara Philipina dan Serbia ikut lomba secara online dari negara masing-masing," ujar Pelatih Nasional Catur Kabupaten HSU Ahmad Raihan Hassa di Amuntai, Selasa (11/8).

Raihan mengatakan, jumlah peserta cukup banyak memcapai 360 orang. Hampir seluruj atlet catur HSU mengikutinya.

Menarik lagi, katanya hampir semua pecatur unggulan Indonesia yang terdiri GM, MI,MF serta MN juga sudah mendaftarkan diri.

"Jadi perlombaan catur secara online kita laksanakan menggunakan Aplikasi Lichess," kata Raihan.

Ia menyampaikan, Kejuaraan catur on line HUT RI KE 75 " Bupati HSU Open " pelaksanaannya  dalam dua tahap yakni 13 agustus OPEN sedangkan tanggal 14 khusus room Kabupaten HSU.

Disampaikan pula, pelaksaanan lomba atas kerjasama Dispopar HSU, KONI dan Pengcab Percasi HSU memperebutkan Tropi Bupati HSU dan hadiah uang puluhan juta rupiah.

Ketua Pengcab Percasi HSU Almien Ashar Safari berharap melalui berbagai event kejuaran, pada pecatur Kabupaten HSU semakin terasah kemampuannya.

"Meski ditengah pandemi COVID 19 namun Alhamdulillah kejuaraan catur masih bisa dilaksanakan secara online, sehingga kemampuan para atlet catur kita tetap terasah," kata Almien.

Rencananya pihak Pengcab Percasi HSU juga akan kembali melaksanakan kejuaraan catur online open pada Minggu 16 Agustus nanti, diharapkan para atlet catur dari berbagai daerah bisa berpartisipasi.

 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020