Barabai,  (Antaranews Kalsel) - Bupati Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan, Harun Nurasid berharap partisipasi pemilih pada pemilihan presiden 9 Juli 2014 bisa mencapai 80 persen bahkan lebih.


Menurut Harun, di Barabai, Senin, pada pelaksanaan pemilihan anggota DPRD HST berjalan dengan lancar dan kondusif, hal tersebut terjadi karena peran KPU, Panwas, Polisi dan TNI berjalan dengan maksimal, sehingga partisipasi saat pileg sangat tinggi, mencapai 82 persen lebih.

"Hasil baik itu harus lebih meningkat saat pilpres, paling tidak partisipasi saat pilpres lebih dari 80 persen dan jangan ada yang Golput," katanya.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah, melalui Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik HST menggelar Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) dalam rangka pemantapan pelaksanaan Pemilu Presiden tahun 2014, di Pendopo Pemkab HST.

Pada Rakorda tersebut, Kepala Kesbangpol HST H Abdul Gafar mengingatkan, agar semua pihak harus aktif melaksanakan pemilu yang demokratis dan adil.

Kegiatan ini juga untuk mencapai kesamaan persepsi dan pemahaman dalam rangka pemantapan pelaksanaan pilpres 2014, serta sebagai upaya menyukseskan pemilu 2014.

Menurut Gafar, pihaknya berharap ada pemahaman, dari seluruh elemen masyarakt yang terkait, serta menciptakan sinergitas antarpenyelenggara pemilihan umum, pemerintah dan pemerintah daerah.

Selain itu, juga untuk mengimplementasikan kewajiban pemerintah dan pemda, guna memberikan bantuan dan fasilitas demi mendukung kelancaran penyelenggaraan pilpres.

Pada Rakorda tersebut turut berhadir Kapolres HST AKBP Iwan Sonjaya, Dandim 1002 Barabai Letkol inf Sulaiman Aminuddin, Ketua KPU Subhani, dari Kejaksaan Negeri Barabai, para kepala SKPD, para tim sukses pemenangan pemilu dan undangan lainnya.

Sementara itu, berdasarkan data Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalsel, untuk pilpres 2014 pemilihnya bertambah 7.573 orang bila dibandingkan dengan pileg April lalu.

Sebagaimana diketahui, Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kalsel pada pilpres 2014 sebanyak 2.821.261 orang pemilih, terdiri atas 1.418.527 perempuan dan 1.402.734 laki-laki.

Kemudian dengan adanya tambahan atau Daftar Pemilih Khusus (DPK) yang jumlahnya 7.573 orang sehingga pemilih pada pilpres di provinsi yang terdiri atas 13 kabupaten/kota itu berjumlah 2.828.834 orang.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014