Demi membantu warga terutama para pelajar yang melaksanakan Belajar Secara Online dari rumah dimasa Pandemi Global COVID-19, organisasi sosial Sahabat Balangan Centre (SBC) sediakan jaringan wifi gratis di areal Taman Sanggam dan wilayah Tribun Lapangan Bola Marthasura Paringin, di Komplek 25b Paringin Kota.

Organisasi sosial Sahabat Balangan Centre atau SBC memang dikenal banyak berinovasi dan berkegiatan dalam hal membantu warga, diantaranya bangun dan bedah rumah, sembako bulanan, beasiswa pelajar dan mahasiswa, donor darah, bantuan orang sakit dari kalangan tidak mampu, bantuan usaha, serta penyalur bantuan baik secara mandiri, swadaya maupun dari pemerintah bahkan hingga bantuan kementerian pusat.

Selain masih melaksanakan rutinitas tersebut, kini memanfaatkan jaringan internet yang ada, SBC pun berupaya membantu kemudahan warga terutama para pelajar untuk mendapatkan jaringan internet gratis.

Meskipun seadanya dan hanya tersedia di pusat kota kabupaten, jelas Ketua SBC, Dewi Purwanti, akan tetapi hal tersebut akan sangat menbantu warga terutama dalam hal menghemat paket data selama dilaksanakan belajar secara online di masa Pandemi Global COVID-19.

"Internet gratis tersebut merupakan milik dua orang anggota secara pribadi dan dibayar secara pribadi pula, namun dipancarkan secara gratis, sehingga dapat dimanfaatkan oleh warga lainnya terutama pelajar di areal tersebut," jelasnya.

Dikatakan, sebelumnya memang sudah lama ada wifi gratis yang dilaksanakan SBC, akan tetapi terkendala rusaknya alat pemancar. Dan menyadari pentingnya jaringan internet bagi pelajar, sehingga dilakukan pembelian alat baru dan dipancarkan kembali.

Kemudian terkait lokasi, yakni di Taman Sanggam Balangan, dikarenakan wilayah tersebut merupakan areal berkumpul warga bersama keluarga, dan di lokasi tribun bola Paringin, karena areal tersebut merupakan areal Pasar Paringin, Pasar Modern Adaro, Pasar Tradisional Mingguan, SDN Paringin 1 serta areal bermain bola.

"Meskipun ada internet gratis, kita berharap warga tetap bisa mematuhi protokol kesehatan selama Pandemi Global COVID-19, dan pendampingan dari orang tua juga sangatlah penting," imbaunya.

Ia pun mengapresiasi dimana sudah banyak tersedia internet gratis baik yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Balangan, maupun yang dilaksanakan oleh kecamatan, kelurahan bahkan pihak pemerintahan desa.

"Sudah banyak yang menyediakan internet gratis dengan jaringan wifi, baik dari pemerintah kabupaten, kecamatan bahkan hingga desa, dan ada pula dari warga secara pribadi. Dan SBC hanya mengikuti bukan hal baru sebenarnya, hanya mencoba turut serta berkontribusi kepada masyarakat," pungkasnya.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020