Barabai, (AntaranewsKalsel) - Bupati Hulu Sungai Tengah (HST), Kalimantan Selatan, Harun Nurasid mengingatkan agar kepala dinas tidak cepat puas dengan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)yang diberikan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas laporan keuangan 2013.


"Saya ucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh personil dan jajaran pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang telah membuktikan komitmennya, dengan penuh kesungguhan dan dedikasi luar biasa untuk meuwujudkan komitmen bersama meraih WTP," kata Harun di Barabai, Senin.

Namun, tambah dia, kepala SKPD dan jajarannya jangan cepat berpuas diri apalagi terlena dengan pemberian Opini WTP tersebut.

Pemkab, memiliki tanggungjawab moral yang lebih untuk mempertahankan dan meningkatkan capaian kinerja, dalam penatausahaan adminstrasi keuangan, dan aset daerah yang disertai pembinaan dan pengawasan yang terintegrasi, dan menyeluruh oleh seluruh SKPD secara profesional. Khusus bagian Keuangan, aset daerah serta inspektorat, juga harus bekerja lebih keras, untuk mempertahankan prestasi yang telah dicapai.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (Pemkab HST) berhasil membuktikan komitmennya untuk meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) terhadap pengelolaan keuangan dan aset daerah.

Kepala Perwakilan VI Badan Pemeriksa Keuangan (BPK)-RI Banjarmasin, Suyatna pada penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) TA 2013 pada Pemkab HST bertempat di Kantor BPK-RI Banjarbaru, menyebutkan HST akhirnya mampu meraih opini WTP.

Keberhasilan meraih Opini WTP ini merupakan hasil dari kerja keras tanpa mengenal lelah dari seluruh jajaran pemerintah daerah dari bupati, sekretaris daerah, seluruh kepala dinas/badan/kantor, dan pelaksana dibawah yang telah bertekad dan berikhtiar untuk selalu meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan dan aset daerah.

Menurut Suyatna, pihaknya memberikan apresiasi atas keberhasilan Pemkab HST yang mampu meraih opini WTP untuk laporan keuangan pemerintah daeah (LKPD) TA 2013 pada Pemkab HST.

"Saya harap Bupati Harun dan seluruh jajaran agar mempertahankan prestasi meraih Opini WTP dengan terus meningkatkan dan optimalisasi pengelolaan keuangan dan aset daerah.

Menurut dia, mempertahankan Opini WTP akan lebih berat dari meraihnya, terlebih penyusutan aset akan menjadi item penting untuk diperhitungkan pada audit tahun 2015.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014