Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry menerima kunjungan dari Muhammad Asri Maulana, Pasukan Pengibar Bendara (Paskibra) asal HSS yang tahun ini kembali ditunjuk langsung Mensesneg RI untuk bertugas dalam Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI).

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) HSS H. M.K Saputra, di Kandangan, Rabu (29/7), mengatakan tujuan kedatangan ini adalah untuk melaporkan berdasarkan surat dari Mensesneg RI.

"M Asri Maulana Purna Paskibra Nasional Tahun 2019 lalu, dengan adanya wabah covid19 ini maka terpilih lagi menjadi paskibra nasional Tahun 2020 menjadi pelaksanaan tugas pasukan pengibar bendera di istana negara tahun 2020 ini, yang menggunakan purna 2019," katanya.

Dijelaskan dia, bersyukur karena dilihat dari database oleh pelatih-pelatih yang ada di pusat dan memiliki kelebihan dari yang lain, maka M.Asri Maulana ini kembali dipanggil menjadi paskibra nasional.

Di tengah pandemi ini pengibaran bendera dilakukan hanya tiga orang pada penaikan bendera dan tiga orang penurunan bendera serta dua orang akan menjadi cadangan.

Baca juga: KNPI HSS fokus dua kegiatan utama, bantuan hukum dan kewirausahaan

Dari dari 34 provinsi se Indonesia terpilih delapan provinsi atau delapan orang perwakilan masing-masing provinsi, yang salah satunya adalah M.Asri Maulana asal HSS yang mewakili Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Bupati HSS H Achmad Fikry, mengatakan pemerintah daerah sangat bersyukur dan bangga, di tengah-tengah pandemi ini masih diberi kepercayaan menjadi pelaksana pengibaran bendera di istana negara mewakili Provinsi Kalsel, yakni M Asri Maulana.

"Kami berpesan selalu jaga kesehatan dan fokus kepada tugas yang telah diberikan, untuk menjadi pasukan pengibar bendera di istana negara," katanya, saat menerima kunjungan di ruang kerjanya.

Menurut dia, karena perjuangan tahun lalu bisa menghasilkan yang baik dan menjadi catatan terbaik di nasional, hingga kembali dipanggil menjadi pasukan pengibar bendera, jadi patut disyukuri dan tentu ini nanti akan menggunakan virtual semua orang akan melihat dan tertuju kepada pasukan.

Apalagi formatnya hanya ada tiga orang yang melakukan pengibaran ataupun penurunan bendera, dan agar M Asri Maulana menjaga selalu kondisi kesehatan, fokus pada tugas, ikhtiar dan berdoa.

Baca juga: Video - Bupati HSS : Obyek wisata air panas Tanuhi Loksado bakal diperluas

Sementara itu, M. Asri Maulana mengatakan walaupun di tengah pandemi persiapan terus dilakukan baik fisik dan melatih gerakan-gerakan dari Peraturan Baris Berbarsi (PBB).

"Ada arahan dari surat Kemenpora untuk melakukan swab dan sebelum berangkat ke Jakarta melakukan isolasi mandiri di rumah, dan nanti ketika di Jakarta akan dilakukan isolasi lagi di PP-PON Cibubur," katanya.

Ia juga mengucapkan terimakasih kepada pemerintah daerah yang sudah selalu mendukung dan bimbingan, serta kepada para pelatih dan para senior juga berterimakasih atas didikannya selama ini serta memohon do'a restu untuk kesuksesan pelaksanaan tugas nantinya.

Sedangkan, Pembimbing Paskibra, Peltu Dedi Irwansyah Putra mengatakan tahuun ini tidak dilakukan seleksi lagi dari tingkat kabupaten, provinsi hingga nasional, M.Asri Maulana diberi kesempatan kedua kali dan dipilih langsung oleh Komando Garnisun tetap 1/ Jakarta sebagai Tim Pelatih.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020