Bupati Tanah Laut, Kalimantan Selatan H Sukamta kembali melepas 55 orang pasien COVID-19 di Fasilitas Pelayanan Khusus (Fasyansus) COVID-19 yang  dinyatakan sembuh, di Aula Fasyansus COVID-19 Tanah Laut atau  eks bangunan Rumah Sakit Umum Daerah H Boejasin Pelaihari, Senin (21/7) malam.

Bupati Tanah Laut H Sukamta mengucapkan rasa syukur karena jumlah pasien sembuh terkonfirmasi positif COVID-19 sebanyak  55 pasien.

Selain itu, menurut dia,  ada tujuh orang yang hasil rapid tesnya reaktif,  namun setelah dilakukan dua kali tes swab ternyata hasilnya negatif. 

“Syukur alhamdulillah ini yang terbanyak  karena ada 55 pasien terkonfirmasi positif COVID-19 hari ini dinyatakan sembuh,"ungkapnya.

Lebih lanjut dia mengemukakan, begitu juga dengan tujuh orang dites swab dua kali hasilnya negatif, maka menambah jumlah yang sembuh menjadi 62 orang.

Orang nomor satu di Bumi Tuntung Pandang tersebut  berharap,  para pasien yang sudah sembuh menjadi agen pemerintah untuk memberikan edukasi kepada masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan.

“Semoga masyarakat yang lain jangan takut di rapid tes ataupun tes swab. Hanya ada satu tujuan dari pemerintah yaitu menyelamatkan masyarakat dari wabah COVID-19. Cukuplah ada 15 orang yang meninggal jangan ada tambahan lagi,”harapnya.

Sukamta  menambahkan,  alat PCR atau polymerase chain reaction  digunakan untuk tes swab milik Pemkab Tanah Laut segera beroperasi dalam waktu dekat, sehingga pemeriksaan dapat dilakukan dengan lebih cepat.  

Sebanyak 55 pasien yang dinyatakan sembuh tersebut menerima bingkisan dan surat keterangan negatif COVID-19 yang diserahkan secara simbolis oleh Bupati Tanah Laut.

Sampai saat ini total  pasien terkonfirmasi positif Covid-19 berjumlah 213 orang yang dinyatakan telah sembuh setelah melalui dua kali tes swab.

Pada pelepasan pasien tersebut turut berhadir Ketua TP PKK Tanah Laut Hj Nurul Hikmah Sukamta, Asisten Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Tanah Laut Akhmad Hairin, Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan Setda Tanah Laut  Zainal Abidin dan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Tanah Laut Rafiki Effendi.
 

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020