Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) bersama dengan Bank Indonesia (BI) Perwakilan Provinsi Kalsel meresmikan bantuan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) Dedikasi Untuk Negeri kepada kelompok Pembudidaya ikan (Pokdakan) Maju Bersama Desa Telang Kecamatan Batang Alai Utara, Selasa (21/7).

Saat itu, Wakil Bupati HST Berry Nahdian Forqan didampingi Kepala Grup BI Perwakilan Kalsel, Rahmat Dwi Saputra maninjau lokasi dan meresmikan program yang telah jalan sejak 2019 yang lalu.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan, Hj Sunar Wiwarni mengatakan, tujuan kerjasama bantuan tersebut adalah untuk mendukung program perikanan budidaya melalui penguatan program terpadu. Sehingga dapat meningkatkan produktivitas perbaikan managemen serta memperbaiki distribusi produksi dan mekanisme pasar.

"Program pengembangan klaster budidaya ikan lokal tahun 2019 bersama BI diantarnya adalah, kita HST mendapatkan bantuan pengembangan ikan nila di Pokdakan Maju Bersama Desa Telang dan Pokdakan Membangun II, yakni Desa Labunganak," katanya.

Pemberian Bantuan untuk Pokdakan Maju Bersama Desa Telang berupa karamba lima unit, benih ikan nila sebanyak 4.000 ekor dan pakan sebanyak 50 zak (1.500 kg), sedangkan Pokdakan Membangun 2 Desa Labunganak berupa karamba enam unit, benih ikan nila 4.800 ekor dan pakan sebanyak 64 zak (1.920 kg). 

Wakil Bupati HST, Berry Nahdian Forqan, S.P,M.S mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas kerjasama, partisipasi dan kepedulian Bank Indonesia dalam upaya ikut mendukung pembangunan sektor peternakan dan perikanan di HST.

Berry berharap kerja sama antara Bank Indonesia dan Pemkab HST akan terus terjalin harmonis dan berkelanjutan dalam menentukan dan melaksanakan langkah-langkah koordinatif dan sinergitas sebagai upaya mendorong pertumbuhan sektor riil dan UMKM melalui pengembangan program klaster budidaya ikan lokal.

Ia berpesan kepada Pokdakan Desa Telang dan Labung Anak, agar manfaatkan bantuan itu dengan baiknya. Terutama di tengah pandemi saat ini diharapkan sektor perikanan mampu menjadi salah satu strategi untuk mendorong kembali pertumbuhan ekonomi.

Selanjutnya, Dia berharap kepada Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan agar senantiasa meningkatkan fungsi dan tugasnya dengan tetap bersinergi dan selalu berkoordinasi dengan para kelompok pembudidaya ikan dalam upaya mendorong pertumbuhan di sektor perikanan.

Pada kegiatan ini wakil Bupati HST dan Kepala Grup Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan Rahmat Dwi Saputra beserta rombongan dipersilahkan memancing di kolam budidaya ikan milik Pokdakan Maju Bersama desa Telang.
 
Memancing bersama jajaran Pemkab HST dan BI perwakilan Kalsel (Antaranews Kalsel/M Taupik Rahman)

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020