Satuan Lalu lintas Polres Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, meminta kepada seluruh pengendara yang melintasi Jalan Mentewe menuju Kabupaten Banjar, Hulu Sungai Selatan dan sebaliknya selama musim hujan yang mengakibatkan jalan licin danrawan longsor.

Kapolres Tanah Bumbu AKBP Sugianto Marweki melalui Kasat Lantas AKP G.M Angga Satrya Wibawa, di Batulicin Selasa mengatakan, beberapa pekan terahir sering terjadi kecelakan kendaraan roda dua dan roda empat akibat jalanan licin karena hujan deras.

"Khususnya di jalan mentewe terdapat beberapa titik yang rawan terjadi longsong saat musim hujan, bahkan di sebagian jalan juga licin akibat hujan deras," katanya.

Dia meminta kepada pengendara agar dapat mengutamakan keselamatan diri dan pengendara lain dengan memperhatikan peta jalan dan jangan melebihi batas kecepatan normal saat berkendara.

Pesan penting yang harus dipatuhi masyarakat sebelum berkendara saat musim hujan yakni malakukan cek kelayakan kendaraan seperti rem dan ban. Jangan sampai kondisis kendaraan yang tidak memungkinkan dipaksakan sehingga mengakibnatkan kecelakaan.

Bukan hanya itu, kelengkapan surat, jas hujan, memakai helm saat mengendaraai kendaraan roda dua dan tidak melibihi batas muatan kendaraan juga diperhatikan.

Bagi pengendraa, apabila  di jalan raya mendapati genangan air agar mengurangi kecepatan agar tidak menggangu pengendara lain. Dan upayakan genangan air dihindari agar tidak terjadi kecelakaan.

"Genangan air di jalanan kemungklinan berupa lubang yang dalam. Apabila dilewati dapat menimbulkan lepas kendali dan mengakibatkn terjadinya kecelakaan lalu lintas bagi pengendara itu sendiri baik itu kecelakaan tunggal atau pengendara yang lain," pungkasnya.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020