Kurang dari sepekan tersiar kabar banyaknya pasien sembuh dari paparan virus corona yang mencapai 54 orang pada pekan pertama Juli, kini Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) COVID-19 Kotabaru mengumumkan adanya penambahan dua orang pasien terkonfirmasi positif.

Sebagaimana dilansir dari siaran perss juru bicara GTPP COVID-19 Kotabaru, Senin. Dua pasien positif tersebut masih anak-anak warga Kecamatan Kelumpang Hilir, yakni TCZL (2 tahun), perempuan, dan MAA (6 tahun), laki-laki.

"Diketahuinya terhadap dua pasien terkonfirmasi positif COVID-19 dari hasil tes Swab yang dikirim 1 Juli dan baru keluar hasilnya hari ini (13 Juli)," kata Said.

Dikatakannya, kedua pasien sebelumnya kontak erat karena serumah dari pasien yang terkonfirmasi positif sebelumnya.

Total kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Kotabaru hingga saat ini sebanyak 75 orang, namun dinyatakan sembuh 54 orang, sedang dalam perawatan 19 orang dan meninggal dunia dua orang.

Diwartakan sebelumnya tingkat kesembuhan pasien COVID-19 di Kotabaru relatif tinggi hingga 75 persen, dari total 72 pasien terkonfirmasi positif, 54 diantaranya dinyatakan sembuh dan dibolehkan pulang dari karantina Rumah Sakit Stagen.

Dalam pekan ini, Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Kotabaru mengumumkan perkembangan terbaru, ada penambahan pasien sembuh dari paparan virus corona sebanyak 17 orang.

Pekan pertama Juli diketahui ada sembilan orang dinyatakan sembuh karena dari hasil tes Swab evaluasi terhadap yang bersangkutan negatif. Mereka adalah Ngaloa Harahap warga Pulau Laut Tengah, empat orang dari Kecamatan Pulau Laut Sigam terdiri Agung Prio S, Yohana Paramita S, Marzuki, Kiki Mayasari.

Kemudian dua orang dari Kecamatan Kelumpang Hulu yaitu Markamah dan Siti Raihan, Rahmat merupakan warga Pulau Sebuku dan Tina Anggraini adalah warga Kecamatan Pulau Laut Utara.

Sehari sebelumnya, Selasa (7/7) GTPP COVID-19 juga mengumumkan adanya penambahan jumlah pasien sembuh dari paparan virus corona.

Sekda Kotabaru mengatakan, perkembangan data tersebut dari hasil tes Swab yang sebelumnya dikirim pada 25 Juni 2020 ke Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Banjarbaru.

"Hasil swab diketahui delapan pasien negatif sehingga dinyatakan sembuh dari virus corona yakni, Andi Syarif, Sari Niah Sari, Faizah Rofi, Lili Arianti, Sriyamah, Ponisis, Andy Hartono dan Khabib," kata Said.

Pewarta: M. Shohib

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020