Kepala Teknik Tambang PT Antang Gunung Meratus (AGM) Imam Arifianto, menyampaikan telah menyiapkan dukungan peralatan dan tim terlatih dalam upaya antisipasi dan penanggulangan bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) tahun 2020.

Ia mengatakan, kesiapan ini dengan adanya 18 truk water canon yang memang dalam keseharian diperuntukan dalam kegiatan operasional perusahaan, namun juga telah dimodifikasi instalasinya untuk penanggulangan karhutla.

"Modifikasi kita lakukan pada selang dan pipa, jadi apabila diperlukan dapat langsung digunakan untuk pemadaman api," katanya, dalam keterangan usai apel siaga karhutla di areal pertambangan PT AGM, Site Ida Manggala, Jum'at (11/7) kemarin.
 
Tim tanggap darurat bencana Karhulta PT AGM  (Fathurrahman/Diskominfo HSS/Antarakalsel)


Baca juga: Kapolres HSS : Tangani Karhutla serius, dua pelaku karhutla di HSS telah divonis

Dijelaskan dia, untuk Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada berasal dari karyawan perusahaan sendiri, dan secara khusus ada tim tanggap bencana karhutla sebanyak 40 orang, yang terbagi dalam dua shift untuk siang dan malam.

Selain tim, juga saat ini telah memiliki drone pantau udara sebanyak dua buah dan sebuah menara pantau, dan membuka layanan call center kesiapsiagaaan Karhutla di nomor layanan 081348171959.

Selama tiga tahun terakhir di areal pertambangan PT AGM belum pernah terjadi karhutla, dulu ada insiden kebakaran kecil di jalan karena dipicu tumpahan batu bara, namun segera dapat diantisipasi karena adanya petugas yang rutin berpatroli.

"Keberadaan armada dan tim tanggap darurat bencana karhutla kita tidak diperuntukkan hanya untuk di lokasi areal pertambangan, tapi juga membantu di luar areal, dalam hampir tiap tahun diturunkan membantu pemadaman empat hingga lima kali kejadian karhutla," katanya.
 
Apel Siaga Karhutla PT AGM (Fathurrahman/Diskominfo HSS/Antarakalsel)


Baca juga: Video - Tekan potensi kecelakaan kerja PT AGM terapkan program ANZAM

Dan PT AGM sebagai perusahaan sangat berkomitmen untuk bisa berpartisipasi dalam antisipasi dan penanggulangan bencana karhutla, ditambah kemampuan dari tim untuk memberikan pertolongan apabila terjadi korban karena karhutla.

Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, mengatakan pihaknya dari pemerintah daerah telah melaksanakan rapat koordinasi antisipasi dan penanggulangan karhutla, rapat dilakukan bersama dengan para stakeholder terkait beberapa waktu lalu.

Menurut dia, apel kesiapsiagaan karhutla yang dilaksanakan PT AGM juga sebagai bagian dari kesiapsiagaan bersama, dan diharapkan dengan sarana dan prasarana yang dimiliki maka pihak perusahaan dapat pula memberikan bantuan untuk di luar area perusahaan, termasuk apabila terjadi korban.
 
Apel siaga karhutla PT  AGM (Fathurrahman/Diskominfo HSS/Antarakalsel)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020