Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Damkar Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, mengajaka seluruh lapisan masyarakat di "Bimi Bersujud" agar lebih disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus corona atau COVID-19.

Kepala Dinas Satpol PP dan Damkar, H. Riduan di Batulicin Jum'at mengatakan, pemerintah daerah terus berupaya menekan angka kasus COVID-19 di Tanah Bumbu dengan mengeglar patroli dialogis. Dan sasarannya pemilik warung dan jamaah shalat jum'at.

"Pelaksanaan patroli dialogis adalah sebagai wujud penegakan surat edaran Bupati Tanah Bumbu dan melakukan himbauan edukasi sebagai langkah awal dan persiapan menghadapi tatanan baru atau new normal," katanya.

Dia mengatakan, tahapan dalam nejlanakan protokol mkesehatan yakni dengan menjaga kebersihan tangan. Bersihkan tangan dengan sabun dan nair mengalir, cairan pencuci tangan atau hand sanitizer apabila permukaan tangan tidak terlihat kotor.

Cara mencucinya harus sesuai dengan standar yang ada, yakni meliputi bagian dalam, punggung, sela-sela, dan ujung-ujung jari.

Jangan menyentuh wajah, terapkan etika batuk dan bersing, memakai masker, jaga jarak, melakukan isolasi mendiri setelah bepergian dari tempat yang terpapar COVID-19 dan konsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin.

"Saat pelasanaan, anggota Satpol PP juga memberikan himbauan kepada seluruh jemaah sholat Jum’at agar membawa sajadah dan masker masing-masing dari rumah," ujarnya.

Kegiatan patroli dialogis ini dimulai sejak pukul 10.00-12.00 wita ditiga lokasi berbeda yaitu di Mesjid Darul Sa’adah Satui, Mesjid Baitul Muttaqin Desa Mekar Jaya Kecamatan Angsana, dan Mesjid Al Istiqomah Kecamatan Mantewe.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020