Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Hulu Sungai Utara Kalimantan Selatan Hj Anisah Wahid memperkenalkan tema Hari
 Keluarga Nasional ke 27 yakni tentang BKKBN baru.

"Jadi tema Hari Keluarga Nasional ke 27 tahun 2020 adalah BKKBN baru dengan cara baru dan semangat baru hadir dalam keluargamu," ujar Anisah di Amuntai belum lama ini

Anisah mengatakan, di masa Pandemi COVID 19 pelayanan KB tentu menyesuaikan dengan penerapan protokol kesehatan.

Misal, kata Anisah, pada saat pelayanan KB saat harganas kemaren, calon akseptor dan bidan yang melayani operasi pemasangan IUD implant harus melakukan Rapid Test.

Anisah mengatakan, khusus pelayanan IUD/Implant bisa dilakukan di empat puskesmas yang sudah terakreditasi yakni Puskesmas Sungai malang, Puskesmas Karias, Haur Gading dan Pasar Sabtu.

Ia menjelaskan, pelayanan KB baru di era pandemi COVID 19 menerapkan protokol kesehatan dilakukan pada saat pra pelayanan mau pun pasca pelayanan.
 
Bupati HSU H Abdul Wahid.HK didampingi Kepala DPPKB HSU Hj Anisah Rasyidah Wahid saat meninjau pelayanan KB gratis seiring Peringatan Harganas ke 27 di Puskesmas Sungai Karias Amuntai, Senin, (Antaranews Kalsel/Diskominfo HSU/ Eddy A)

"Untuk pra pelayanan kita bisa memberikan konseling kepada akseptor menggunakan via digital seperti sosmed (FB, WhatApps, Instagram) atau bisa langsung tatap muka tapi tetap jaga jarak dan menggunakan masker," terangnya.

Ditambahkan, begitupun dalam pelayanan KB, bidan tetap menggunakan Alat Pelindung Diri (APD), selain itu petugas KB juga menyarankan kepada akseptor agar lebih memilih menggunakan alat KB jangka panjang agar akseptor lebih nyaman dan tidak bolak balik ke tempat bidan untuk KB ulang,

Anisah menerankan dilaksanakannya Peringatan Harganas ke 27 dengan menerapkan protokol kesehatan cegah COVID 19 pada 29 Juni kemaren bertujuan  untuk menyatukan gerak dalam membangun keluarga berkualitas

Melakui moment itu juga secara bersama-sama meningkatkan kepudulian keluarga  dalam rangka membangun keluarga, meningkatkan intensitas kerja petugas pengelola Keluarga Berencana.

Pada peringatan Harganas kemaren juga secara serentak dilaksanakan pelayanan KB gratis sejuta akseptor di tanah air, termasuk di beberapa Puskesmas se Kabupaten HSU.
 
. (Antaranews Kalsel/Diskominfo HSU/ Eddy A)

"Untuk Kabupaten Hulu Sungai Utara  berhasil memberikan pelayanan  sesuai target yakni memberikan pelayanan sebanyak 69 IUD/Implant, suntik KB sebanyak 149 orang dan kondom 2237 orang, total keseluruhan 2455 akseptor," kata Anisah.

Untuk memastikan optimalisasi pelayanan KB serentak di 10 Kecamatan Bupati HSU H Abdul Wahid HK didampingi Kepala DPPKB HSU Hj Anisah Rasyidah Wahid.saat itu memantau langsung kegiatan.

Turut serta Wabup H Husairi Abdi, Ketua DPRD HSU Almien Anshar Safari, Kadinkes HSU dr H Agus Fidliansyah, Kadiskominfo H Adi Lesmana dan jajaran Dinas Kesehatan lainnya.

Membacakan sambutan Kepala BKKBN pusat dr  Hasto Wardoyo saat apel.memperingati Harganas ke 27 di Aula Prof DR KH Idham Khalid di Amuntai, Bupati HSU H Abdul Wahid menyampaikan, harapan.pemerintah melalui peringatan Harganas dapat memacu BKKBN bersama.keluarga Indonesia dapat meningkatkan ketahanan keluarga sehingga mampu melahirkan generasi yang lebih baik.

"Kita wujudkan melalui Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan, dan Keluarga Berencana atau Bangga Kencana," katanya.

Program Bangga Kencana ini, lanjutnya harus mampu menjangkau seluruh keluarga, bahkan di wilayah terpencil sekalipun.

Selain itu, melalui pembentukan kakampung KB yang saat ini jumlahnya di Indonesia mencapai 15923 desa menjadi suatu gebrakan untuk memcapai tujuan tersebut.

 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020