Bupati HST H A Chairansyah didampingi Wakilnya, Berry Nahdian Forqan mengikuti rakor secara virtual terkait pemantapan pelaksanaan pilkada Tahun 2020 bersama Mendagri dan menyatakan pihaknya siap mendukung pelaksanaan, Rabu (24/6). 

Rapat koordinasi pemantapan pelaksanaan tahapan pemilihan kepala daerah serentak pada tahun 2020 dipimpin langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian.

Dalam rakor pemantapan pelaksanaan Tahapan Pilkada Serentak Tahun 2020, Mendagri Tito Karnavian menyampaikan, pihaknya optimis Pilkada akan tetap terlaksana di Bulan Desember Tahun 2020 dan sudah mempersiapkan berbagai skenario dan berbagai kemungkinan pelaksanaan Pilkada di masa Pandemi COVID-19.

Dalam kesempatan itu, Tito Karnavian juga menekankan kepada 270 daerah yang terdiri dari provinsi, kabupaten, kota untuk segera memenuhi transfer anggaran kepada KPU, Bawaslu serta pihak pengamanan.

Hal itu supaya verifikasi data terkait kebutuhan protokol kesehatan seperti masker, baju hazmat, hand sanitazer dan lainnya bisa segera dipersiapkan.

Pada rakor tersebut juga disampaikan tahapan-tahapan pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020 yang dimulai 15 Juni sampai 9 Desember 2020 seperti tahapan verifikasi faktual, tahapan pendaftaran Paslon, tahapan masa kampanye, hingga pada hari pemungutan suara.

Untuk diketahui, di Kabupaten HST akan digelar tahapan pilkada yaitu Pilkada untuk memilih Bupati dan Wakil Bupati.

Usai mengikuti video confrence, H A Chairansyah mengatakan, Pemkab HST sangat mendukung pelaksanaan Pilkada serentak 2020 yang jatuh pada tanggal 9 Desember mendatang.

"Ya kita dukung, yang penting dilaksanakan sesuai protokol kesehatan, dengan memperhatikan keselamatan masyarakat dan juga penyelenggara Pilkada," katanya.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020