Banjarbaru, (Antaranews Kalsel) - Kepala Dinas Pendidikan Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Ahmadi Arsyad menilai, kunjungan ke rumah siswa menjelang Ujian Nasional (UN) mendorong tingginya kelulusan peserta ujian.


"Kunjungan ke rumah-rumah siswa menjelang ujian memang diprogramkan dan hasilnya cukup positif mendorong tingginya tingkat kelulusan peserta ujian jenjang SMA dan sederajat," ujarnya di Banjarbaru, Selasa.

Berdasarkan data Disdik Banjarbaru, tingkat kelulusan peserta ujian nasional tingkat SMA sederajat tahun ajaran 2013/2014 yang berasal dari 9 SMA, 8 Madrasyah Aliyah dan 11 SMK mencapai 99,57 persen.

"Persentase kelulusan mencapai 99,57 persen dan hanya sebanyak 12 siswa yang tidak lulus dari jumlah keseluruhan peserta ujian baik tingkat SMA, MA dan SMK sebanyak 2.796 siswa," ungkapnya.

Menurut dia, kunjungan dalam rangka silaturahmi ke rumah-rumah siswa menjelang pelaksanaan ujian nasional dilakukan dengan tujuan memberikan motivasi bagi siswa untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian.

Dijelaskan, kunjungan dilakukan tim dari Dinas Pendidikan Banjarbaru, pengawas sekolah dan kepala sekolah yang melakukan kunjungan dadakan ke rumah-rumah siswa sekitar satu bulan sebelum pelaksanaan UN.

"Setiap sekolah diminta menyiapkan sepuluh siswa yang akan dikunjungi tim dan kunjungan dilakukan mendadak untuk mengetahui secara langsung aktivitas siswa di rumahnya menjelang ujian," ujarnya.

Dikatakan, selain memberikan motivasi bagi siswa, kunjungan juga sebagai tindaklanjut kesepakatan antara Disdik dan orang tua siswa yang menyatakan kesiapan mengawasi anaknya menjelang pelaksanaan ujian.

"Kami bersama orang tua siswa sepakat mengawasi anak mengurangi aktivitas di luar rumah sehingga kunjungan dilakukan untuk mengetahui kesepakatan dijalankan atau tidak dan ternyata dijalankan," kata dia.

Jumlah peserta UN Banjarbaru yang lulus tingkat SMA dari 993 peserta terdapat 10 peserta tidak lulus, MA dari 458 peserta dua tidak lulus dan 1.358 siswa SMK seluruhnya lulus.

"Khusus bagi SMK, kelulusan yang dicapai sangat membanggakan karena 1.358 peserta UN, seluruhnya lulus dan nilai rata-rata ujian juga cukup memuaskan," katanya.   

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014