Tim Pemulasaraan Jenazah dari Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan kembali makamkan pasien dalam pengawasan (PDP),  di Kuburan Muslimin Kelurahan Karang Taruna, Minggu (14/6) malam.

Bupati Tanah Laut H Sukmata didampingi Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) kabupaten Tanah Laut  Hj Nurul Hikmah Sukamta menyaksikan secara langsung pemulasaraan jenazah tersebut.

Bupati Tanah Laut H Sukamta mangatakan, untuk pemakaman jenazah tersebut atas permintaan keluarga.

 “Setelah dinyatakan meninggal dunia, keluarga minta dimakamkan dimatah sesuai dengan protokol pemulasaraan,” ucapnya.

Pada dasarnya, menurut dia, pemakaman boleh dimana saja asal tetap mengikuti protokol pemulasaraan jenazah sesuai dengan amanat sesuai Undang – Undang (UU) 4/1984 tentang Wabah Penyakit Menular dan Fatwa Majelis Ulama Indonesia No. 18/2020 tentang Pedoman Pengurusan Jenazah Muslim yang Terinfeksi COVID-19 serta UU 6/2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan.

“Saya yakin, warga sudah dapat mengerti tentang Undang - Undang Protokol Pemulasaraan jenazah,” ucap Bupati.

Pada kesempatan itu,  bupati berpesan,  kepada masyarakat agar tidak takut memeriksakan diri ke rumah sakit ataupun puskesmas apabila sudah merasakan gejala COVID-19.

“Masyarakat periksakan diri apabila merasakan sakit, sampai saat ini PDP yang meninggal karena terlambatnya memeriksakan diri sehingga tidak tertolong secara maksimal,” tutur Kamta.

Bupati juga menegaskan, agar masyarakat disiplin dalam mengikuti anjuran pemerintah dengan tidak menyepelekan protokol kesehatan demi memutus penularan mata rantai penularan COVID-19.

Berdasarkan data Posko Media Center Covid-19 Tanah Laut,  jumlah meninggal dunia di Kabupaten Tanah Laut akibat terpapar COVID-19 mencapai 16 orang.

Rinciannya, tiga orang terkonfirmasi positif COVID-19 dari Kabupaten Tanah Laut, satu orang konfirmasi positif dari Kabupaten Tanah Bumbu, satu orang negatif COVID-19 serta 11 orang masih status PDP. 
Tim Pemulasaraan Jenazah dari Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tanah Laut kembali makamkan pasien dalam pengawasan (PDP), di Kuburan Muslimin Kelurahan Karang Taruna, Minggu (14/6) malam.Foto:Antaranews Kalsel/Humas Tanah Laut.

Pewarta: Arianto

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020