Sebanyak 52 pasien sempat dikarantina dan dirawat di fasilitas pelayanan khusus (fasyansus) Tanah Laut, Kalimantan Selatan diperbolehkan pulang  setelah dari hasil swab test mereka dinyatakan negatif COVID-19. 

Kepulangan para pasien itu dilepas secara langsung oleh Bupati Tanah Laut  H Sukamta didampingi Ketua Relawan Tanggap COVID-19 Tanah Laut  HM Noor, di eks Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Hadji Boedjasin Pelaihari, Minggu (14/6). 

Dari total 52 pasien, 14 pasien diantaranya adalah yang sebelumnya terkonfirmasi positif COVID-19 dinyatakan sembuh.

Sukamta kembali berpesan,  kepada warga agar tidak perlu merasa takut dengan adanya rapid test.

Bahkan, dia mempersilahkan apabila ada warga yang meminta dilakukan rapid test. 

Terlebih saat ini, sebut dia, pemerintah Kabupaten Tanah Laut memperbolehkan isolasi secara mandiri di rumah masing-masing dengan syarat harus memenuhi standar protokol kesehatan COVID-19. 

Tetapi jika berdasarkan hasil rapid test nanti, jelas dia, ada warga yang dinyatakan reaktif dan bergejala, maka pihaknya akan langsung membawa orang tersebut ke RSUD Hadji Boedjasin Pelaihari untuk dirawat dan disembuhkan. 

"Kalau sudah ada warga yang bergejala tolong jangan sampai terlambat ditangani, supaya kami bisa segera melakukan upaya penyembuhan, sebab yang meninggal selama ini pun semata-mata karena terlambat membawa ke fasilitas kesehatan kita," ujar Kamta.

Menurut Sukamta, dengan dipulangkannya 52 pasien tersebut, menandakan pelayanan dan penanganan COVID-19 di Tanah Laut sudah menunjukkan hasil yang cukup baik. 

Hal itu mengindikasikan, terang dia,  penanganan di fasyansus maupun penanganan terhadap pasien yang terkonfirmasi positif sudah on the track. 

"Jika pemeriksaan lab di Banjarbaru cepat, maka kita juga akan cepat menyelesaikan COVID-19 di Tanah Laut," terang Kamta.

Sementara, Ketua Relawan Tanggap COVID-19 Tanah Laut HM Noor atau H Nurdin mengungkapkan rasa senangdengan dipulangkannya 52 pasien dari fasyansus. 

Menurutnya, bantuan yang diberikan tersebut sebagai bentuk perhatian kepada warga.

H Nurdin berharap,  kepada 52 pasien yang dipulangkan agar bisa menjaga kesehatan dan menjaga interaksi di lingkungan sekitar.

Dalam kesempatan itu juga turut didistribusikan bantuan berupa paket sembako dari relawan tanggap COVID-19 Tanah Laut kepada pasien yang dinyatakan negatif COVID-19 yang diserahkan secara langsung oleh Ketua Relawan Tanggap COVID-19 HM Noor.
 
Bupati Tanah Laut  H Sukamta didampingi Ketua Relawan Tanggap COVID-19 Tanah Laut  HM Noor melepas kepulangan 52 pasien dinyatakan sembuh dari COVID-19, di eks Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Hadji Boedjasin Pelaihari, Minggu (14/6).Foto:Antaranews Kalsel/Humas Tanah Laut.

Pewarta: Arianto

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020