Amuntai, (Antaranews Kalsel) - Atlet pebulu tangkis dari Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) meraih Juara Umum pada Kejuaraan Propinsi Bulu Tangkis National Paralympic Comite (NPC)
yang digelar di Kota amuntai 28-30 april 2014.    

    
Pebulutangkis Tanbu sukses meraih  4 medali (2 perak, 1 perak dan 1 perunggu), ditempat kedua Balangan ( 2 emas, 2 perunggu) dan peringkat tiga
Hulu Sungai Tengah ( 1 emas, 2 perak, 4 perunggu).
    
Sementara tuan rumah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) harus puas di posisi empat dengan raihan 1 emas, 1 perak dan 2 perunggu.
   
 Kejuaraan Propinsi (Kejurprov) Bulu Tangkis NPC se-Kalimantan Selatan (Kalsel) yang pertama di selenggarakan di Kabupaten HSU ini
menggelar 8 cabang yang diikuti 9 kabupaten/kota se Kalsel.
   
 "Tiga kabupaten absen yakni Batola, Kotabaru dan Tabalong"   Ujar Ketua NPC HSU M Yamin di amuntai, Rabu malam.
    
Selain memperebutkan Piala bergilir, para pemenang juga mendapatkan tropi, sertifikat dan uang pembinaan dari pihak panitia dari NPC Kalsel yang bekerja sama dengan Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI).
    
M Yamin mengatakan meski kepengurusan NPC HSU baru di lantik, Selasa (29/4) namun keberadaan organisasi ini mulai berkembang sejak setahun lalu.
    
"Jadi selama satu tahun ini kami sudah mencari dan membina bibit atlet dari kalangan kaum difabel agar bisa mengembangkan bakat di berbagai cabang olahraga" Terang Yamin.
    
Melalui organisasi ini, lanjutnya kaum difabel khususnya di HSU bisa turut berkiprah bagi mengharumkan nama daerah melalui ajang Kejuaraan NPC di sejumlah cabang olahraga.
    
"Meski secara fisik cacat bukan berarti mereka tidak bisa berprestasi" imbuh Yamin.
    
Kejurprov Bulu Tangkis NPC se Kalsel ini Rabu malam secara resmi ditutup oleh Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Syahrul Rakhmadi di GOR Karias amuntai.
    
Pemda HSU, Kata Syahrul tentu sangat mendukung keberadaan organisasi olahraga seperti NPC yang berfungsi meningkatkan kemajuan olahraga di daerah.
    
"Bagaimana pun warga HSU yang menyandang cacat fisik memiliki hak yang sama untuk mengembangkan bakat dibidang olahraga sehingga kehadiran NPC sangat kita dukung" kata Syahrul.
    
Penyelenggaraan Kejurprov Bulu Tangkis NPC se Kalsel ini, sambungnya merupakan ajang persiapan atlet untuk mengikuti Kejurnas NPC nanti.
    
"Digelarnya kejurprov NPC ini juga sangat tepat jelang perayaan hari jadi HSU sehingga turut memeriahkannya" tuturnya.

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014