Tingkat ketaatan masyarakat Kota Banjarmasin dalam menerapkan protokol kesehatan COVOD-19, seperti menggunakan masker pada saat beraktivitas, serta menjaga jarak atau physical distancing di tempat umum, kini semakin membaik.

Hal itu disampaikan oleh Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina, pada saat meninjau langsung ke beberapa titik posko penegakkan disiplin protokol kesehatan COVID-19, diantaranya, tempat ibadah, fasilitas publik dan tempat perbelanjaan.

 “Sementara kami melihat bahwa, tingkat ketaatannya sudah semakin baik, minimal penegakkan protokol menggunakan masker, dan juga menjaga jarak, termasuk juga di pusat perbelanjaan juga menerapkan pengukuran suhu tubuh, supaya yang tidak memakai masker, yang suhu tubuh di atas 37,2 itu dihimbau untuk tidak ke pasar, dan tidak ke rumah ibadah,” katanya, Sabtu .

Kemudian, ia berharap penegakan protokol kesehatan seperti ini bisa terus diterapkan oleh seluruh lapisan masyarakat Kota Banjarmasin. “Kami berharap suasana seperti ini tetap kita tegakkan, sambil kita persiapan untuk menuju new normal atau kenormalan baru, sehingga kemudian kita bisa berharap bahwa angka grafik penyebaran itu bisa kita landaikan, itu harapan kami,” harapnya.

Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina, pada saat meninjau langsung ke beberapa titik posko penegakkan disiplin protokol kesehatan Covid-19, diantaranya, tempat ibadah, fasilitas publik dan tempat perbelanjaan. (Antaranews kalsel/prokom/hasan z)

Dalam tinjauan bersama Wakapolresta Banjarmasin, AKBP Sabana Atmojo dan Dandim 1007 Banjarmasin, Kolonel Inf Anggara Sitompul itu, H Ibnu Sina juga mengatakan bahwa salah satu tempat ibadah turut menghimbau jamaahnya yang sakit agar beribadah di rumah saja.

 “Tadi bagus himbauan dari salah satu rumah ibadah, intinya yang sakit maupun yang flu di rumah saja, dari pada menyebarkan penyakit ke jemaah yang lain,” ujarnya.

Untuk tempat perbelanjaan, menurut orang nomor satu di bumi kayuh baimbai ini juga sudah menerapkan protokol kesehatan, seperti sosial distancing atau physical distancing

Pewarta: Hasan Zainuddin

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020