Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas II TPI Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, menerbitkan sebanyak 336 lembar paspor khusus Calon Jamaah Haji (CJH) yang disesuaikan dengan protokol kesehatan.

Kakanim Kelas II TPI Batulicin Gelora Nusantara melalui Kepala Seksi Lalu Lintas dan Izin Tinggal Keimigrasian, Dody Cindur Mato di Tanah Bumbu, Sabtu mengatakan, sebenarnya dalam kondisi pandemik Virus corona atau COVID-19 para petugas belum membuka pelayanan penerbitan paspor secara resmi namun, hal tersebut dilakukan khusus bagi CJH yang rencananya tahun ini akan berangkat ke Tanah Suci Mekah.

"Sebenarnya pelayanan penerbitan paspor untuk CJH diberikan sebagai langkah antisipasi apabila penyelenggaraan ibadah haji tahun ini tetap dilaksanakan. Namun pada tahun ini pemerintah pusat meniadakan kebarangkatan ibadah haji namun penerbitan paspor CJH sudah rampung," katanya.
 
Dia merincikan, 336 paspor untuk CJH yang sudah diterbitkan terdiri dari 190 paspor CJH asal Kabupaten Kotabaru dan 146 paspor CJH asal Kabupaten Tanah Bumbu.

Dalam hal ini, Kanim Batulicin juga sedang mempersiapkan program new normal atau skenario untuk mempercepat penanganan COVID-19 dalam aspek kesehatan dan sosial-ekonomi sesuai intruksi Kementerian Hukum dan HAM.

Saat ini Direktorat Jenderal Imigrasi tengah menyiapkan strategi pelayanan keimigrasian sebelum kembali membuka pelayanan keimigrasian kepada masyarakat umum.

Pelayanan keimigrasian nantinya akan menerapkan protokol kesehatan yang ketat kepada para petugas dan pemohon yang saling berinteraksi secara langsung di ruang layanan.

"Semua ini masih dalam persiapan untuk menghadapi program new normal, dan kami juga masih menunggu keputusan dari Direktorat Jenderal Imigrasi tampa harus mengenyampingkan kebijakan pemerintah daerah," pungkas Cindur.
 

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020