Kotabaru, (Antaranews Kasel) - DPRD Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, meminta pemerintah setempat merehab rumah warga, untuk dijadikan penginapan apabila hotel yang ada tidak mampu menampung tamu dalam menyambut Hari Nusantara ke-14, Desember 2014.

Ketua Komisi III DPRD Kotabaru, H Rusli Erfan di Kotabaru, Sabtu, mengatakan, perbaikan rumah warga tersebut dilakukan mengingat terbatasnya hotel dan penginapan yang ada di Kotabaru, sehingga solusi terbaik yang bisa dilakukan adalah memanfaatkan rumah warga yang berada di kawasan kegiatan.

"Sebenarnya even ini merupakan milik provinsi, sehingga kami intens berkoordinasi dengan Pemprov seperti yang kali ini kunjungan kerja ke Dinas Pemuda Olah Raga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporbudpar) Kalsel," ujar Rusli.

Menyangkut ketersediaan fasilitas, diakui masih banyak yang perlu disiapkan diantaranya penginapan dan hotel, sarana transportasi dan infrastruktur berupa jalan.

Oleh sebab itu, lintas koordinasi yang telah dilakukan, dipastikan berbagai persiapan yang kini dilakukan akan menjamin pelaksanaan Harnus berjalan lancar dan sukses.

Rusli menyebut, pihaknya sudah mendapat jawaban dari PU yang sejak awal tahun lalu sudah mulai melakukan persiapan diantaranya peningkatan jalan provinsi dan kabupaten, khususnya yang akan menjadi rute pelaksanaan kegiatan.

"PU menjamin sebelum hari H dilaksanakannya Harnus, sekitar awal Desember 2014, keberadaan jalan sudah selesai diperbaiki dan siap digunakan untuk kepentingan kegiatan berskala nasional tersebut," ujarnya.

Lebih lanjut ia memaparkan, koordinasi yang dilakukan bersama segenap anggota Komisi III DPRD Kotabaru tersebut mengemuka adanya kekurangan jumlah penginapan dan hotel yang ada di Kotabaru.

Menjawab permasalahan tersebut, mencuat solusi akan dilakukan rehab dan renovasi rumah-rumah warga di sekitar pelaksanaan Harnus, mulai dari Desa Gedambaan, Sarang Tiung hingga kawasan kota.

"Karena penyelenggaraan Harnus akan sampai di daerah Lontar, maka rehab dan renovasi rumah warga juga sampai di daerah tersebut," ucapnya.

Diperkirakan pada Hari Nusantara di Kabupaten Kotabaru yang melibatkan sekitar 12 Kementerian, akan dihadiri ribuan pejabat negara dan daerah dari seluruh provinsi di Indonesia.

Pewarta: Imam Hanafi

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014