Oleh Yose Rizal

Banjarbaru,(Antaranews Kalsel) - Pameran peringatan hari jadi ke-15 Kota Banjarbaru atau Banjarbaru Fair tahun 2014 menampilkan produk unggulan daerah sehingga diharapkan memajukan dan mengembangkan perekonomian serta kesejahteraan masyarakat.

Pembukaan pameran yang digelar di Lapangan Murjani Banjarbaru selama lima hari 25-29 April 2014 dibuka Wali Kota Banjarbaru, Ruzaidin Noor disaksikan anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah dan undangan lain di Banjarbaru, Jumat.

"Pameran menampilkan beberapa produk unggulan daerah baik dari Banjarbaru maupun daerah lain di luar Kalsel sehingga diharapkan semakin dikenal dan digunakan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari," ujarnya.

Ia mengatakan, produk unggulan daerah yang mengisi stand pameran seperti sulaman Arguci dan Sasirangan Bordir berupa kain Sasirangan khas Kalsel yang ditambah bordiran.

Dia menjelaskan, dua produk unggulan daerah Kota Banjarbar itu sehari sebelumnya, Kamis (24/4) didukung Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah sebagai unggulan daerah yang dibina pengembangannya.

"Harapan kami, produk unggulan daerah Kota Banjarbaru itu semakin dikenal masyarakat dan pengunjung pameran sehingga bisa dikembangkan dan akhirnya mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ucapnya.

Ketua Panitia Banjarbaru Fair 2014, Abu Hanifah mengatakan, pameran diikuti 100 peserta yang mengisi stand dan menampilkan berbagai produk unggulan, termasuk jasa pelayanan pemerintah maupun swasta.

"Peserta terdiri dari dinas lingkup Pemkot Banjarbaru maupun luar Kalsel termasuk BUMN dan BUMD, sedangkan pelaku usaha meliputi kerajinan, garmen, tekstil, aksesoris, otomotif yang menempati 45 stand," ujarnya.

Direktur PT Tigawarna Promo Exhis, Ike Agung mengatakan, selain produk unggulan, pameran yang dilaksanakan kelima kali dilengkapi festival kuliner sehingga pengunjung lebih nyaman usai melihat pameran.

"Minat peserta pameran semakin tinggi sehingga kami imbangi dengan warna baru berupa festival kuliner agar pengunjung semakin nyaman," ujar penyelenggara pameran itu.

Banjarbaru Fair merupakan agenda tahunan hari jadi Kota Banjarbaru yang diperingati setiap tanggal 20 April dan menampilkan produk unggulan daerah seperti kerajinan kulit, sepatu, tekstil dan produk lainnya.

Pewarta:

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014