Banjar, (Antaranews Kalsel) - Melalui lomba bercerita dapat meningkatkan minat dan gemar membaca siswa dan juga dapat menumbuhkan rasa cinta tanah air, memperkokoh rasa persatuan dan kesatuan serta nasionalisme di kalangan pelajar.
           
Hal tersebut di sampaikan Bupati Banjar Sultan H Khairul Saleh dalam sambutan tertulisnya disampaikan oleh Staf Ahli Bidang Pembangunan Santoso Budiharjo pada acara Lomba Bercerita Tingkat Sekolah Dasar/ Sederajat dan SLTP/Sederajat se- Kabupaten Banjar Tahun 2014 di Aula Barakat Kantor Pemkab Banjar , Rabu 16 April 1014.
           
Ia mengatakan, budaya lisan masih kental dilakukan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia, tak terkecuali anak-anak. Pada usia sekolah dasar, dimana rasa keingintahuan sedang mengalami taraf perkembangan, dengan memberikan informasi yang tepat melalui buku bacaan yang bermutu akan memberikan dampak yang baik bagi perkembangan budi pekerti anak. Hal itulah yang menjadi alasan digelarnya lomba ini.
          
 Budiharjo juga menuturkan, bermula dari ketertarikan akan sebuah buku, siswa akan terus mencari sumber informasi yang dibutuhkan dari buku lain, selanjutnya akan menceritakan apa yang dibacanya kepada teman atau siswa yang lain, sehingga nantinya juga akan merangsang teman tersebut untuk ikut serta membaca dan menceritakan kembali kepada teman atau siswa lainnya, demikian seterusnya.

 Sehingga tanpa sadar dengan bercerita dapat turut serta menularkan kebiasaan membaca siswa dan mendorong pertumbuhan budaya baca.
           
Sementara itu Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Banjar Musikatik dalam laporannya menyampaikan penyelenggarakan Lomba Bercerita bagi siswa SD dan SLTP  se Kabupaten Banjar  Tahun 2014 rangka mengembangkan minat dan kegemaran membaca melalui berbagai bacaan  dan media Perpustakaan Kabupaten Banjar  .
          
 Ia menjelaskan,  Lomba Bercerita Tingkat Sekolah Dasar/ Sederajat dan SLTP/Sederajat se- Kabupaten Banjar Tahun ini dengan mengambil tema “Tumbuhkan Gemar Membaca dan Kecintaan Tanah Air dengan Cerita Kartini”.

Lomba tersebut, diperuntukkan bagi siswa siswi Sekolah Dasar dan Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP ) sederajat, perwakilan dari Sekolah Dasar (SD) baik negeri maupun swasta yang berada di wilayah Kabupaten, dan dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 16 s/d 17 April 2014.

Lomba bercerita diselenggarakan dari masing-masing tingkatan akan dipilih 5 (lima) peserta terbaik sebagai Juara I, II, III dan Harapan I, II untuk memperebutkan hadiah berupa trophy, sertifikat dan bingkisan menarik.

Bagi pemenang lomba, terutama Juara I akan dipromosikan ke lomba sejenis jenjang berikutnya. Lomba bercerita ini berjenjang dari tingkat kabupaten hingga tingkat Provinsi.
          
 Adapun Selaku Pemenang lomba bercerita Pada tingkat sekolah dasar juara satu dengan nilai total 248,8 diraih oleh Siti Rahmah asal sekolah SDN Tambak Anyar Ulu, juara dua diperoleh dengan nilai 233,3 Ahmad Nasihul Anwar asal Sekolah SDN Mandiangin Timur 2, dan Juara 3 dengan Nilai 217 Nurhaliza Chrsitia Budi.
           
Sedangkan Juara lomba Bercerita Tingkat Sekolah Menengah Pertama Juara Pertama Dengan Nilai total 248 Diraih Oleh Noryenni Fazrianti, asal Sekolah SMPN 1 Martapura, Juara Kedua dengan nilai 244 Jahrika asal sekolah SMPN 1 Simpang Empat dan Juara ketiga dengan nilai 237 atas nama Kamila Rizqa Devisasmita.

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014