Kapolres Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, AKBP Sugianto Marweki terus menggencarkan sosialisasi program "new normal" atau skenario untuk mempercepat penanganan COVID-19 dalam aspek kesehatan dan sosial-ekonomi kepada m,asyarakat "Bumi Bersujud".

"Sasaran utama dalam kegiatan sosialisasi dan himbauan pendisiplinan kepada masyarakat yang berkaitan langsung dengan pelayanan publik atau keramaian keramaian seperti Pasar, Supermarket dan Bank," kata Kapolres di Batulicin, Ahad.

Dia mengatakan, hal ini perlu dilakukan untuk menuju new normal atau tatanan kehidupan baru ditengah pandemi COVID-19 khusunya di wilayah Kabupaten Tanah Bumbu.

Dalam kegiatan tersebut kapolres juga menghimbau kepada masuyarakat masyarakat senantiasa membiasakan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), menggunakan masker apabila keluar rumah,sering mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir.

Jaga jarak dan selalu mematuhi anjuran pemerintah tentang protokol kesehatan sehingga dapat memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di Tanah Bumbu.

Kapolres juga meminta agar pelayanan publik baik pasar, supermarket, bank dan warung makan agar memperhatikan protokol kesehatan dengan menyediakan tempat cuci tangan serta jaga jarak antar pembeli dan penjual.

Sementara itu Sekretaris Daerah Tanah Bumbu H. Rooswandi Salem menambahkan, sebenarnya sebagian besar masyarakat "Bumi Bersujud" sudah menerapkan pola hidup bersih, memakai masker, dan menjaga jarak saat berinteraksi dengan orang lain sehingga secara tidak langsung mereka juga menerapkan program "new normal".

"Syarat-syarat penerapan protokol kesehatan COVID-19 sebenarnya sudah dipatuhi oleh masyarakat luas, hanya saja program ini akan lebih ditekankan kepada masyarakat yang masih bandel atau kurang disiplin terkait pencegahan COVID-19," katanya.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020