Oleh Yose Rizal

Banjarbaru, (Antaranews Kalsel) - Perolehan suara partai politik peserta pemilihan umum legislatif di Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, merata di setiap daerah pemilihan sehingga tidak ada partai yang mendominasi.


"Perolehan suara parpol merata dan tidak ada yang mendominasi lebih dari satu daerah pemilihan," ujar Ketua Komisi Pemilihan Umum Banjarbaru, Husein Abdurrahman dalam jumpa pers di Banjarbaru, Selasa.

Ia mengatakan, berdasarkan hasil rekapitulasi perolehan suara yang telah ditetapkan KPU, empat partai besar yang secara berurutan mengumpulkan suara terbanyak hanya mampu meraih suara signifikan pada satu dapil.

Dia menyebutkan, Partai Golongan Karya yang meraih suara terbanyak secara keseluruhan di Banjarbaru hanya mendominasi perolehan suara di dapil IV Kecamatan Liang Anggang dengan 3.411 suara atau 21,80 persen.

Kemudian, PDIP yang perolehan suaranya di bawah Golkar mendominasi pengumpulan suara dapil I Kecamatan Banjarbaru Utara dan Banjarbaru Selatan dengan jumlah suara 8.150 atau 19,24 persen.

Partai Gerakan Indonesia Raya yang menempati peringkat tiga perolehan suara dalam pemilu legislatif tahun 2014 meraih 5.091 suara atau 18,99 persen di daerah pemilihan III wilayah Kecamatan Landasan Ulin.

Sedangkan partai yang menempati peringkat empat perolehan suara yakni PPP mendominasi perolehan suara di dapil II Kecamatan Cempaka dengan jumlah suara yang diraih 3.275 atau 20,45 persen.

"Dilihat dari hasil perolehan suara, tidak ada partai yang mendominasi suara pada dua dapil, tetapi masing-masing hanya mampu meraih suara signifikan dalam satu dapil," ungkap Ketua KPU.

Husein yang didampingi tiga komisioner KPU Wahyu NZ, Hegar W Hidayat dan Romzi, mengatakan tahapan yang akan dilaksanakan adalah penetapan jumlah kursi partai di DPRD dan caleg terpilih yang dijadwalkan Mei 2014.

"Sesuai jadwal penetapan jumlah kursi partai dan caleg terpilih maka kami akan mempersiapkan kegiatan itu sehingga bisa diketahui berapa perolehan kursi parpol dan siapa saja caleg terpilih," katanya.

  Untuk diketahui, peringkat pertama perolehan suara diduduki Partai Golkar dengan 16.453 suara atau 16,32 persen, PDIP meraih 15.334 suara atau 15,21 persen dan Gerindra berhasil memperoleh 13.633 suara atau 13,52 persen.   

Pewarta:

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014