Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya, dan Pariwsata (Disporbudpar) Kalsel akan menggelar Festival Drum Band dan Marchingband Tingkat Pelajar se-Kalsel pada 16-18 Mei 2014 di Banjarmasin yang memperebutkan hadiah total Rp 111 juta.


“Hadiah ini bersumber dari dana APBD,” ujar Kasi Organisasi Kemasyarakatan Bidang Keolahragaan Disporbudpar Kalsel Roy Wishnu Purnama kepada Antara, Selasa.

Menurutnya, festival yang diselenggarakan di tahun ke-2 ini, dipastikan akan berlangsung meriah, karena seluruh kabupaten/kota diminta mengirimkan kontengennya.

“Sudah kita kirim surat pemberitahuan kepada semua pemerintah daerah, moga mereka ikut berpartisipasi memeriahkan acara festival ini,” harapnya.

Sebab, paparnya, Pemprov sudah cukup besar menganggarkan dana untuk hadiah festival ini, yakni, total Rp 111 juta.

Dengan harapan memotivasi keikut sertaan para pelajar untuk menunjukkan bakat mereka dalam bermain drum band dan marchingband.

“Festival ini memperebutkan juga piala bergilir bapak gubernur,” katanya.

Untuk gelar festival ini, terangnya, dibagi 4 katagore atau klasemen, yakni, tingkat TK, SD, SMP, dan SMA.

“Jadi setiap daerah hanya dibolehkan mengikutkan satu-satu grup disetiap klasemen dan batas akhir pendaftaran 1 Mei ini,” tekannya.

Pihaknya menargetkan, pada festival ini diikuti 57 grup drum band juga marchingband, dengan hitungan 13 kabupaten/kota memenuhi kuota masing-masing katagore mengirimkan kontingennya.

“Sebab ada tambahan 5 grup yang memiliki kartu emas istilah kita atau grop juara bertahan tahun sebelumnya,” papar Roy.

Menurutnya, tahun lalu yang menjadi pemenang festival ini adalah Banjarmasin dengan 3 grup dan Kabupaten Banjar sebanyak 2 grup. 


“Kita harapkan tahun ini muncul lagi anak-anak drum band dan marchingband yang berbakat,” pungkas Roy.

Pewarta: Sukarli

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014