Oleh Yose Rizal

Banjarbaru,  (Antaranews.Kalsel) - Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Selatan siap menyelenggarakan Ujian Nasional (UN) bagi siswa tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat yang dijadwalkan5-8 Mei 2014.

"Kami siap selenggarakan ujian nasional bagi siswa SMP sederajat di seluruh wilayah Kalsel dan seluruh pihak terkait juga sudah menyiapkan semuanya," ujar Sekretaris Disdik Kalsel Amka di Banjarbaru, Senin.

Ia mengatakan hal itu di sela serah terima dokumen naskah soal UN siswa SMP dan sederajat seluruh Kalsel dari perusahaan percetakan kepada Disdik Kalsel di kantor Pos Indonesia Kantor Area IX Banjarbaru.

Dijelaskan, kesiapan menggelar UN dimulai dari naskah soal ujian yang sudah diterima Disdik Kalsel sehingga tinggal di distribusikan kepada seluruh kabupaten dan kota se Kalsel sebelum pelaksanaan ujian akhir sekolah itu.

"Jumlah dokumen yang berisi naskah soal sudah lengkap diterima sebanyak 1.292 boks dan segera di distribusikan ke seluruh kabupaten dan kota sebelum pelaksanaan ujian," ungkapnya.

Menurut dia, kesiapan di tingkat panitia daerah termasuk jajaran kepolisian juga sudah terkoordinasi dengan baik disamping kesiapan sekolah yang dijadikan penyelenggara ujian nasional itu.

"Koordinasi panitia mulai tingkat pusat, provinsi hingga kabupaten dan kota serta tingkat satuan pendidikan atau sekolah sudah mantap sehingga secara teknis seluruh pihak terkait sudah siap," tegasnya.

Dikatakan, kesiapan lainnya yang menjadi fokus perhatian adalah tugas pengawas ujian di setiap sekolah yang menjadi penyelenggara sehingga ujian berlangsung tertib, lancar dan tanpa hambatan.

"Peran pengawas ujian penting karena mengawasi jalannya ujian dan diharapkan mereka bertugas dengan baik termasuk mengingatkan peserta agar jangan lupa mengisi identitas sebelum menjawab," katanya.

Ditambahkan, jumlah calon peserta UN tingkat SMP, Mts dan peserta paket B yang tersebar pada 13 kabupaten dan kota seluruh Kalsel sebanyak 59.327 siswa yang terbagi dalam 300 lebih sekolah.

Pewarta:

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014