Kepala Dinas Kesehatan(Dinkes) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) selaku Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) HSS, dokter Siti Zainab, menyampaikan adanya tambahan satu orang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dari warga HSS.

Ia mengatakan, jika sebelumnya Selasa (26/6) sebanyak tiga orang, maka Rabu (27/5) menjadi empat orang, pasien dengan kode HBS dirawat di ruang isolasi RSUD Brigjend H Hasan Basry Kandangan, dan pasien dengan kode RDS di rawat di RSUD Daha Sejahtera, kondisi pasien dua orang kondisi lemah dan dua stabil.

"Rincian kondisi masing-masing pasien, HBS-35 laki-laki (39) dari Kecamatan Simpur kondisi lemah, HBS-37 perempuan(19) dari Daha Utara kondisi lemah, HBS-43 laki-laki (37) dari Telaga Langsat kondisi stabil, dan RDS-02 laki-laki (42) dari Daha Utara kondisi stabil," katanya, dalam keterangan resmi, Rabu (27/5) sore.

Dijelaskan dia, selain di RSUD merawat PDP dari warga HSS, juga masih merawat enam PDP dari luar daerah, yakni tiga pasien HSB-32, HSB-33, dan HSB- 34 warga dari Kota Banjarmasin, dua pasien HSB-31 dan HSB-36 warga Kota Banjarbaru, dan satu pasien HBS-42 warga dari Hulu Sungai Tengah (HST).

Baca juga: Dokter dan perawat RSUD Kandangan dikabarkan positif COVID-19 adalah "berita hoax"

Untuk kondisi terkini COVID-19 di HSS, Jumlah Orang Dalam Pengawasan (ODP) 323 orang, selesai pemantauan 299 orang, sisa 24 orang dalam proses, kasus terkonfimasi positif  delapan orang, diantaranya tiga orang dalam perawatan, empat orang sembuh dan satu orang meninggal dunia.

Penambahan kasus konfirmasi positif COVID-19, satu dari warga Desa Baruh Kambang, Kecamtan Daha Utara, yang merupakan Cluster Gowa, di mana sebelumnya suaminya juga terkonfirmasi positif dan dirawat di RSUD Ulin Banjarmasin.

Sedangkan, satu kasus positif lainnya dari warga Desa Bago Tanggul, Kecamatan Kalumpang, merupakan Orang Dalam Pemantauan (ODP) habis melakukan perjalanan dari Kota Palangkaraya, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).

"Temuan dua kasus konfirmasi ini berdasarkan tes swab yang dikirimi pada tanggal 16 Mei 2020 lalu, dan telah keluar hasilnya hari ini, Rabu (27/5)  dengan hasil keduanya dinyatakan positif, keduanya telah dirawat di RSUD Kandangan," katanya.

Baca juga: Konfirmasi positif COVID-19 HSS jadi delapan, dua kasus baru dari Daha Utara dan Kalumpang

Adapun untuk rincian ODP perkecamatan, antaralain, Kandangan 81 orang ODP dan selesai 79, Daha Selatan 64 orang ODP dan selesai 56, Daha Barat dua orang ODP dan selesai dua orang.

Kecamatan Daha Utara 46 orang ODP dan selesai 43, Simpur 35 31, Sungai Raya 18 orang ODP dan selesai 16, Padang Batung 24 orang ODP dan selesai 24, Angkinang 25 orang ODP dan selesai 22 orang.

Selanjutnya, Kecamatan Telaga Langsat sembilan orang ODP dan selesai delapan, Kalumpang delapan orang ODP dan selesai delapan, terakhir Loksado 11 orang ODP dan selesai 10 orang.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020